Kebijakan Diskon Listrik Untuk Pelanggan PLN Dengan Daya 450 VA dan 900 VA Subsidi Akan Diperpanjang Sampai Akhir Tahun

Kebijakan Diskon Listrik Untuk Pelanggan PLN Dengan Daya 450 VA dan 900 VA Subsidi Akan Diperpanjang Sampai Akhir Tahun
Ilustrasi (JawaPos.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 11 Agustus 2020 14:09 WIB

Terasjabar.id - Kebijakan diskon listrik untuk pelanggan PLN dengan daya 450 VA dan 900 VA subsidi akan diperpanjang hingga akhir tahun. Kebijakan tersebut seharusnya berakhir pada September 2020.


Dalam kebijakan tersebut, listrik pelanggan 450 VA gratis sementara untuk pelanggan 900 VA bersubsidi diberikan diskon 50 persen. Kebijakan itu berlaku baik pelanggan PLN pascabayar maupun prabayar.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menyebut, keputusan untuk memperpanjang subsidi listrik sejalan dengan upaya pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19.

"Kami memutuskan memperpanjang subsidi hingga akhir tahun," ujar Rida dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (11/8/2020).

Rida mengatakan, pemerintah alam memperbarui data pelanggan yang disasar dalam program stimulus tersebut. Selama pemberian stimulus ini, Rida menuturkan jumlah pelanggan penerima stimulus bersifat dinamis.

Dia merinci, untuk golongan 450 VA, pelanggan yang menerima stimulus mencapai 24,16 juta. Sementara untuk golongan 900 VA, ada 7,72 juta pelanggan yang menerima stimulus.

"Kami sudah bahas, anggaran yang perlu dikeluarkan pemerintah adalah Rp12,18 triliun untuk sembilan bulan dan ini sudah disepakati, khususnya dengan Kemenkeu (Kementerian Keuangan)," katanya.

Selain rumah tangga, pemerintah memperpanjang subsidi listrik untuk UMKM dan industri kecil menengah. Perpanjangan ini khusus untuk golongan 450 VA.

Saat ini, ada 501.000 pelanggan bisnis 450 VA dan 433 pelanggan industri 450VA yang akan mendapatkan perpanjangan subsidi listrik. Pemerintah memperkirakan perpanjangan subsidi untuk pelanggan UKM dan industri kecil ini membutuhkan biaya Rp151 miliar selama delapan bulan.

"Untuk program ini, tidak seperti rumah tangga pertama. Ini langsung enam bulan, dari Mei sampai Oktober. Subsidi ini diperpanjang dua bulan hingga Desember 2020," ujar Rida.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona PLN Kebijakan Diskon Listrik


Loading...