Sejumlah Warga di Kota Tebingtinggi Sumut Mulai Merasakan Dampak Abu Vulkanis Akibat Letusan Gunung Sinabung

Sejumlah Warga di Kota Tebingtinggi Sumut Mulai Merasakan Dampak Abu Vulkanis Akibat Letusan Gunung Sinabung
(iNews/Abdullah Sani Hasibuan : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 11 Agustus 2020 11:03 WIB

Terasjabar.id - Sejumlah warga di Kota Tebingtinggi, Sumatera Utara mulai merasakan dampak abu vulkanis akibat letusan Gunung Sinabung pada Senin (10/8/2020). Jarak kota dengan gunung api tersebut cukup jauh mencapai 161-an kilometer (Km).


Seorang warga setempat, Indra mengatakan, hujan abu vulkanis ini sudah sejak dua hari terakhir melanda Kota Tebingtinggi. Kondisi ini sangat menganggu aktivitas warga yang beraktivitas di luar rumah.

"Abunya sampai sini dan cukup tebal. Sudah dua hari ini. Kami berharap bantuan dari pemerintah seperti masker dan lainnya," kata Indra yang keseharian bekerja sebagai penarik becak motor (betor).

Jarak antara Tebingtinggi dengan Kabupaten Karo (Gunung Sinabung) mencapai 161 kilometer. Namun abu vulkanisnya membuat warga kewalahan dan harus ekstra hati-hati serta menggunakan masker.

Diprediksi, hujan abu ini masih akan menyelimuti Tebingtinggi selama Gunung Sinabung belum berhenti mengeluarkan debu vulkanis.


Diketahui, Gunung Sinabung kembali erupsi pada Senin (10/8/2020) pukul 10.16 WIB. Kolom abu erupsi teramati setinggi 5.000 meter dari puncak Gunung Sinabung atau 7.460 meter dari atas pemukaan laut. Abu vulkanis berwarna cokelat gelap ini bergerak mengarah ke timur dan tenggara.


Disadur dari iNews.id

Gunung Sinabung Kota Tebingtinggi Abu Vulkanis


Loading...