Gunung Sinabung di Sumut Meletus, Semburkan Kolom Abu Setinggi 5 Km

Gunung Sinabung di Sumut Meletus, Semburkan Kolom Abu Setinggi 5 Km
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Senin, 10 Agustus 2020 12:30 WIB

Terasjabar.id - Senin (10/8/2020) pukul 10.16 WIB terjadi erupsi Gunung Sinabung di Sumatera Utara dengan tinggi kolom abu teramati ± 5.000 meter di atas puncak (± 7.460 m di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara.

Berdasarkan rilis yang diterima Tribunnews dari Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung, saat ini Gunung Sinabung berada pada Status Level III (Siaga).

"Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara."

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila ke luar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.

Masyarakat juga diminta untuk mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

tribunnews
Senin (10/8/2020) pukul 10.16 WIB terjadi erupsi Gunung Sinabung di Sumatera Utara dengan tinggi kolom abu teramati ± 5.000 meter di atas puncak (± 7.460 m di atas permukaan laut).

Sementara masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

 Erupsi Sabtu

Sebelumnya, Gunung Sinabung yang berada di Provinsi Sumatera Utara mengalami erupsi, Sabtu (8/8/2020) dini hari.

Berdasarkan informasi dari Kementerian ESDM di akun twitternya, @KementerianESDM, erupsi Gunung Sinambung terjadi pada pukul 01.58 WIB dengan tinggi kolom abu sekitar 2.000 meter di atas puncak.

Badan Geologi Kementerian ESDM meminta masyarakat di sekitar lokasi menggunakan masker jika terjadi hujan abu.

Selain itu, Badan Geologi juga mengingatkan akan potensi bahaya lahar.

Berikut rilis lengkap dari Badan Geologi Kementerian ESDM sebagaimana dikutip dari akun Twitter Kementerian ESDM:

INFORMASI ERUPSI G. SINABUNG

Telah terjadi erupsi G. Sinabung, Sumatera Utara pada tanggal 08 Agustus 2020 pukul 01:58 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 4.460 m di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi ± 1 jam 44 detik.

Saat ini G. Sinabung berada pada Status *Level III (Siaga)* dgn rekomendasi:

1. Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dr puncak G.Sinabung Serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

2. Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah utk mengurangi dmpak kesehatan dr abu vulkanik.

Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

3. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di G. Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

(Tribunjabar.id)

Gunung Sinabung erupsi Berastagi


Loading...