Daerah Wisata Berastagi Kabupaten Karo Terkena Hujan Abu Vulkanis Gunung Sinabung

Daerah Wisata Berastagi Kabupaten Karo Terkena Hujan Abu Vulkanis Gunung Sinabung
(iNews/Stepanus Purba : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 10 Agustus 2020 11:38 WIB

Terasjabar.id - Daerah wisata Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) terkena hujan abu vulkanis Gunung Sinabung, Senin (10/8/2020). Tebalnya abu vulkanis menyebabkan seluruh aktivitas warga di luar rumah terganggu.

Dari pantauan iNews, tebalnya abu vulkanis Gunung Sinabung menyebabkan jalan raya di seputaran Kota Berastagi ditutup abu pekat. Beberapa pengguna jalan mengaku terganggu.

"Setiap erupsi Gunung Sinabung pasti seperti ini. Kali ini cukup besar karena sudah hampir 1 jam masih terus hujan abu," kata Agus Perangin-angin warga Berastagi, Senin (10/8/2020).

"Gak bisa kerja. Abunya tebal kali. Ini nunggu hujan abu berhenti," ujar Agus yang mengaku bekerja sebagai kurir penghantar barang.

Diketahui, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo kembali erupsi dengan skala cukup besar, Senin (10/8/2020) sekitar pukul 10.16 WIB. Tinggi kolom erupsi Gunung Sinabung mencapai lebih dari 5.000 meter dari puncak Gunung Sinabung atau lebih 7.460 meter dari atas pemukaan laut.

Kepala Pos Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung Badan Geologi dan PVMBG Armen Putra mengatakan erupsi Gunung Sinabung menyebabkan kolom abu yang berwarna coklat gelap dan mengarah timur dan tenggara.

Armen mengimbau kepada masyarakat maupun wisatawan untuk tidak mendekati atau memasuki zona merah Sinabung yang sudah direkomendasikan.

“Untuk warga yang terdampak abu vulkanis letusan Sinabung, kami imbau agar melindungi diri dengan menggunakan masker dan mengurangi aktivitas di luar rumah,” katanya.

Hingga Senin, tingkat kegempaan Gunung Sinabung masih terus meningkat dan berpotensi kembali terjadi erupsi susulan. Status Gunung Sinabung masih Siaga Level III.

Disadur dari iNews.id

Gunung Sinabung Daerah Wisata Berastagu Abu Vulkanis Sumatera Utara


Loading...