Advertisement

Ditengah Situasi Pandemi Virus Corona, Langit Bali Dipenuhi Puluhan Layang-Layang Bernuansa Kemerdekaan RI

Ditengah Situasi Pandemi Virus Corona, Langit Bali Dipenuhi Puluhan Layang-Layang Bernuansa Kemerdekaan RI
(iNews/Bagus Alit : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 9 Agustus 2020 14:33 WIB

Terasjabar.id - Di tengah situasi pandemi Covid-19, sekelompok anak muda di Banjar Tegeha, Kelurahan Sempidi, Kecamatan Mengwi, Badung, Bali, memiliki cara unik memeriahkan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75. Mereak membuat puluhan layang-layang celepuk atau burung hantu bernuansa merah putih.

Dari pantauan iNews, sejak Minggu (9/8/2020) pagi, puluhan anak muda itu berkumpul di salah satu rumah warga. Kelompok yang tergabung dalam sekaa atau komunitas rare angon mare kedat itu bersama-sama membuat puluhan layang-layang burung hantu berukuran sedang.

Setelah menuntaskan pembuatan dasar atau tulang layang-layang dari bambu jenis petung, batang bambu kemudian dirangkai. Selanjutnya dibentuk menyerupai burung hantu atau celepuk dengan ukuran bervariasi mulai 2 meter hingga 3 meter.

Agar lebih semarak, badan layangan juga diisi angka 75 yang mencerminkan HUT RI ke-75 dan tulisan merdeka. Untuk mengingat jasa proklamator RI, salah satu layangan juga menampilkan sketsa Presiden Soekarno.

Usai menuntaskan pengerjaan seluruh layang-layang, kini saatnya anggota komunitas menuju area persawahan di sekitar Banjar Tegeha untuk menerbangkannya. Untuk memainkan puluhan layang-layang, tentu tak mungkin diterbangkan dalam lokasi yang saling berdekatan sehingga pas dilakukan di tengah pandemi Covid-19.

"Musim pandemi ini kan, kegiatan HUT RI juga dibatasi, jadi kita pikir agenda ini (main layang-layang) bisa menerapkan protokol kesehatan," ucap penggagas layang-layang bernuansa kemerdekaan, Kadek Yogi Pranata, Minggu (9/8/2020).

"Layangan ini kami ubah sesuai tema Kemendekaan RI dengan kain merah putih," kata koordinator komunitas rare angon mare kedat, Nyoman Mudita.

Produksi layang-layang diperkirakan menghabiskan Rp150.000. Agar semakin meriah, komunitas ini rencananya kembali membuat beberapa layang –layang bernuansa merah putih dengan ukuran jumbo berukuran puluhan meter.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Banjar Tegeha Badung Bali Kemerdekan RI Ke-75


Related Post



Loading...