Personel Militer Berperan Aktif Pada Berbagai Hal, Diantaranya dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Personel Militer Berperan Aktif Pada Berbagai Hal, Diantaranya dalam Penanganan Pandemi Covid-19
(Sindonews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 9 Agustus 2020 11:18 WIB

Terasjabar.id - Personel militer berperan aktif pada berbagai hal. Di antaranya Gugus Tugas Penanganan Covid-19, pembentukan tim khusus di bawah Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) dan berbagai operasi mitigasi di tingkat pusat dan daerah.

Hal ini disampaikan Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Irwansyah saat menjadi pembicara utama seminar nasional melalui vidio conference (vidcon) dari Medan yang digelar Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Sabtu (8/8/2020). Seminar nasional itu mengambil tema ‘Peranan TNI dalam Penanganan Covid-19 dan Ketahanan Ekonomi di Wilayah Kepulauan Riau’.

Pangdam BB mengatakan, sejak awal merebaknya wabah Covid-19 di Indonesia, militer memang sudah ikut terlibat dalam penanganannya. Jadi peran dan kontribusi prajurit TNI yang selama ini bertugas, tidak dapat dikesampingkan dan layak diapresiasi.

“Pengerahan kekuatan militer sepenuhnya berada di tangan Presiden," ujarnya.

Pangdam menyebutkan, pelibatan militer mungkin dilakukan. Hal tersebut sesuai aspek mitigasi krisis, dampak terhadap masyarakat, profesionalisme militer serta kesesuaian dengan ketentuan hukum.

Dalam konteks itu, pelibatan militer pada operasi militer selain perang, TNI berperan sebagai garda pendukung terhadap instansi sipil. "Pelibatan militer juga perlu ditempatkan sebagai upaya terakhir apabila penguatan terhadap instansi sipil terkait sudah tidak dimungkinkan," katanya.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Personel Militer GTP Covid-19 Kogabwilhan


Loading...