Sejumlah Warga Tak Pakai Masker Saat Sedang Berolahraga di Bundaran HI, Satpol PP Sanksi Sapu Trotoar

Sejumlah Warga  Tak Pakai Masker Saat Sedang Berolahraga di Bundaran HI, Satpol PP Sanksi Sapu Trotoar
(Okezone : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 9 Agustus 2020 10:49 WIB

Terasjabar.id - Sejumlah warga yang tak pakai masker saat sedang berolahraga di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (9/8/2020) terjaring penindakan oleh Satpol PP. Mereka diberi sanksi denda atau sanksi sosial.

Menurut pantauan di lokasi, warga yang tidak memakai masker dibawa personel Satpol PP ke posko pemantauan. Nama mereka kemudian dicatat di database.

Sanksi yang diberikan berupa denda sebesar Rp250.000. Apabila pelanggar tidak menyanggupinya, maka akan dikenakan sanksi sosial berupa menyapu fasilitas umum.

"Bagi yang tak pakai masker langsung dibawa ke posko untuk ditindak berupa denda Rp250.000 atau sanksi sosial. Jadi kalau dendanya tak sanggup, kami kenakan sanksi sosial," kata Kepala Satpol PP Jakarta Pusat, Bernard Tambunan di Jakarta, Minggu (9/8/2020).

Bernard menjelaskan ada 40 personel gabungan yang dikerahkan di Bundaran HI untuk memantau pelaksanaan protokol kesehatan oleh warga. Namun dia mengatakan saat ini Satpol PP belum merekapitulasi jumlah pelanggar yang ditindak di kawasan Bundaran HI.

Pasalnya giat operasi belum selesai dilaksanakan. Namun berdasarkan data pekan lalu, menurutnya jumlah warga yang tidak memakai masker di Bundaran HI berkurang.

"Kalau di Bundaran HI rata-rata setiap hari Minggu bisa menjaring 50 sampai 60 orang. Tapi hari ini kami lihat ada penurunan tidak seperti di awal, Minggu kemarin saja 40 orang. Ada penurunan di Bundaran HI orang yang tak pakai masker," ucapnya.

Kawasan Bundaran HI yang masuk jalur Jalan Sudirman-Thamrin-Merdeka Barat masih menjadi favorit masyarakat Jakarta berolahraga di akhir pekan meski car free day (CFD) ditiadakan. Di ruas jalan itu Pemprov Jakarta menyediakan jalur khusus pesepeda.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Satpol PP Bundaran HI


Loading...