Warga di Desa Tinumpuk Kabupaten Indramayu Meluapkan Kekesalan, Perbaiki Jalan Provinsi Gunakan Dana Pribadi

Warga di Desa Tinumpuk Kabupaten Indramayu Meluapkan Kekesalan, Perbaiki Jalan Provinsi Gunakan Dana Pribadi
(Tribun Cirebon/Handhika Rahman : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 9 Agustus 2020 10:09 WIB

Terasjabar.id - Warga di Desa Tinumpuk, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, meluapkan kekesalan. Mereka memperbaiki jalan provinsi yang rusak dengan dana pribadi.

Mereka ingin mengetuk hati pemerintah yang sudah dua tahun terakhir membiarkan jalan yang merupakan akses utama Desa Tinumpuk menuju Desa Segeran tanpa perbaikan sama sekali.

Padahal, pengajuan perbaikan jalan dan bukti-bukti kecelakaan sudah sering disampaikan masyarakat kepada pemerintah agar jalan segera diperbaiki.

Selain itu, mereka juga melakukan aksi penanaman pohon pisang di tengah jalan sebagai bentuk protes.

Seorang tokoh masyarakat, Mudi (42), mengatakan, dia ikhlas mengeluarkan uang pribadi sebesar Rp 15 juta untuk membeli material untuk memperbaiki jalan.

"Ini dari dana pribadi dan dibantu pihak pemerintah desa dalam artian pamong desa, RT/RW, masyarakat sekitar, dan Forum Persatuan Pemuda Tinumpuk (FPPT)," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Minggu (9/8/2020).

Mudi menjelaskan, mereka yang ikut membantu perbaikan jalan melakukannya dengan sukarela dan tanpa dibayar sepeser pun.

Kendati demikian, mereka kompak bergotong-royong. Sebagian lagi ada yang membuat makanan untuk dinikmati bersama-sama.

Karena dana yang terbatas, perbaikan jalan yang dilakukan warga hanya sepanjang 800 meter. Caranya meratakan batu dan pasir dengan menyewa stoom walls.

Rencananya, perbaikan jalan hanya akan dilakukan selama dua hari, hingga hari ini.

Mudi berharap, upaya yang dilakukan masyarakat ini bisa ditindaklanjuti oleh pemerintah dengan melakukan pengecoran atau pengaspalan dan memperbaiki titik-titik jalan rusak lainnya.

"Saya enggak berharap diganti rugi oleh pemerintah, hanya ingin pemerintah bisa lebih perhatian kepada masyarakat karena jalan yang tidak enak," ujar dia.


Disadur dari Tribunjabar.id

Pandemi Virus Corona Kabupaten Indramayu Desa Tinumpuk Rusak


Loading...