Advertisement

Elon : PKBM Solusi Proses Pembelajaran Terpadu

Elon : PKBM Solusi Proses Pembelajaran Terpadu
Kabid PAUD & Pemas Dinas Pendidikan Kebudayaan Kab Kuningan Elon Carlan, M.Pd
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 9 Agustus 2020 10:02 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan solusi untuk memecahkan permasalahan di desa Karangkancana. Masalah itu muncul pada tahun 2019, dari 300 siswa SD ternyata hanya 50 % yang melanjutkan ke tingkat SLTP. Selebihnya diharapkan dapat melanjutkan ke SLTP diluar Karangkancana.

Hal itu dikemukakan Kepala Disdikbud Kab Kuningan yang diwakili oleh Kabid PAUD dan Penmas Elon Carlan,M.Pd, pada acara peresmian PKBM Taruna Kencana di Desa Karangkancana yang diresmikan Bupati H Acep Purnama Sabtu (08/08-2020). Diharapkan melalui PKBM ini, salah satu solusi dari masalah tersebut. Selain itu, PKBM Taruna Kencana juga dapat meningkatkan IPM Kec. Karangkancana, khususnya di bidang pendidikan, ungkap Elon.

(Kabid PAUD & Pemas Dinas Pendidikan Kebudayaan Kab Kuningan Elon Carlan, M.Pd)

Ketua PKBM Taruna Kencana Aldi Nurcahya, M.Pd , disela-sela acara memaparkan, ditinjau dari ekonomi maupun pendidikan yang layak, kebutuhan SDM yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di era revolusi industry 4.0 ini semakin mendesak. Untuk itu, pusat kegiatan belajar masyarakat merupakan wadah proses pembelajaran bagi masyarakat terpadu, sehingga bagi yang belum memiliki keterampilan dapat mengembangkan diri. Dengan mengusung visi mewujudkan warga belajar yang berwawasan, berkarakter, modern, dan produktif, berbagai kegiatan dilakukan di PKBM Taruna Kencana, diantaranya Program paket A, B, dan C, kursus bahasa, kursus computer, kursus menjahit, bimbingan belajar, desa vokasi, dan keacaraan fungsional, terangnya.

PKBM Taruna Kencana memberikan pelayanan gratis. Bagi siswa yang kurang mampu akan diajukan Indonesia Pintar. PKBM Taruna Kencana pun bekerjasama dengan industri yang ada di Kab Kuningan yang memudahkan siswa saat melakukan bimbingan konseling terkait dunia kerja/industri. Oleh karena itu, kepercayaan masyarakat pada PKBM sangat tinggi.

Hingga saat ini, tercatat sebanyak 143 warga belajar di PKBM Taruna Kencana, dengan rincian Paket B sebanyak 32 orang, dan Paket C sebanyak 111 orang, paparnya. Sementara itu, Bupati H Acep Purnama mengatakan, PKBM merupakan langkah strategis dengan tujuan mulia. Kegiatan ini menjadi salah satu visi dan misi pemkab. Kuningan yaitu, mewujudkan management pelayanan pendidikan yang adil dan merata, kualitas berkelanjutan dalam menciptakan nilai-nilai manusia sajati.

“Semangat karang taruna membentuk PKBM Taruna Kencana ini jangan dijadikan sebagai ajang pesaing bagi pendidikan yang lain, tegas Acep. Semua wajib untuk menerima pelayanan di bidang pendidikan. Melalui pendidikan akan tercapai inovasi-inovasi yang baik. Kita harus mengetahui kualitas pendidikan tidak hanya di daerah kita, tapi sampai sejauh mana kita mengetahui standar kualitas pendidikan di tempat lainnya” pungkasnya.

(H WAWAN JR)

PKBM Desa Karangkancana SLTP Kabupaten Kuningan


Related Post



Loading...