Harimau Sumatera Terancam Punah, Banyak Dibunuh Manusia

Harimau Sumatera Terancam Punah, Banyak Dibunuh Manusia
Antara News
Editor: Malda Hot News —Sabtu, 8 Agustus 2020 12:49 WIB

Terasjabar.id -- 

Lebih dari 70 persen habitat harimau di Sumatera berada di luar kawasan konservasi sehingga menjadi tantangan tersendiri terkait dengan pelestariannya.

Tak hanya itu, Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wiratno menjelaskan problem terbesar kerusakan lingkungan dan kematian harimau sumatera ada di faktor manusia.

"Keberadaan harimau Sumatera terancam karena manusia. Pada 2020, ditemukan 700 jerat yang dipasang warga di sekitar kawasan konsesi," kata Wiranto mengutip Antara.


Menurut Wiranto, selain manusia, masalah utama terkati pelestarian harimau Sumatera adalah sistribusi dan areal jelajah harimau yang tumpang tindih dengan konsesi kehutanan.

Pelestarian harimau Sumatera dinilai memiliki tantangan yang berat karena hewan tersebut tidak hanya tinggal di kawasan konservasi, tetapi juga berkeliaran di luar kawasan konservasi, salah satunya tersebar di dalam konsesi hutan tanaman industri (HTI).

Menurut dia, perlu kombinasi antara konservasi insitu atau usaha pelestarian alam yang dilakukan dalam habitat aslinya dengan konservasi eksitu atau pelestarian alam yang dilakukan di luar habitat aslinya.

"Upaya insitu dan eksitu untuk mengetahui cara membangun, merehabilitasi dan pemanfaatan berkelanjutan," ujarnya.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Suharyono mengatakan bahwa hampir 99 persen harimau sumatera berada di luar kawasan konservasi, terlebih banyaknya konflik harimau sumatera dan manusia.

"Ini harus jadi perhatian, tidak mungkin kami bekerja sendirian menangani konflik ini. Karena hampir semuanya berada di luar wilayah konsesi. Kita harus bersama-sama menangani konflik," ujar dia.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Iman Santoso menyebutkan lebih dari 70 persen habitat harimau di Sumatera berada di luar kawasan konservasi. 

"Pada areal konsesi perlu dialokasikan koridor satwa dan yang terpenting perlu pelibatan pihak swasta terutama di sektor kehutanan dalam mendukung konservasi harimau sumatera di luar kawasan konservasi yang terintegrasi pada skala bentang alam," kata dia.(CNN)

Sumber Daya Alam Harimau Sumatra


Loading...