Advertisement

Selama Pandemi Virus Corona, Bupati Kepulauan Sangihe Provinsi Sulut Meminta Masyarakat Tidak Mengkahwatirkan Ketersediaan Bahan Pangan

Selama Pandemi Virus Corona, Bupati Kepulauan Sangihe Provinsi Sulut Meminta Masyarakat Tidak Mengkahwatirkan Ketersediaan Bahan Pangan
(Humas Pemkab Kepulauan Sangihe Via iNews.id)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 7 Agustus 2020 13:55 WIB

Terasjabar.id - Bupati Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jabes Ezar Gaghana meminta masyarakat tidak mengkhawatirkan ketersediaan bahan pangan selama pandemi Covid-19. Dia menjamin bahan pangan mencukupi kebutuhan masyarakat di daerah tersebut.


Menurut dia, bahan pangan lokal masih banyak tersedia di Sangihe seperti singkong, talas dan ubi jalar serta sagu. Petani Sangihe saat ini juga terus mengembangkan tanaman pangan lokal untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

"Karena itu, kami menjamin bahan pangan cukup tersedia bagi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Sangihe di saat pandemi Covid-19," kata Bupati Jabes Gaghana di Tahuna, Kamis (6/8/2020).

Selain bahan pangan tersebut, petani di Sangihe juga mengembangkan tanaman pangan hortikultura seperti cabai, tomat, bawang serta sayur-sayuran.

Pemerintah kabupaten mendorong dan memberikan pendampingan kepada kelompok tani maupun pribadi yang mengembangkan tanaman pertanian untuk terus mengembangkan pangan lokal maupun hortikultura.


"Kami telah menyiapkan para petani dari dua tahun sebelumnya agar kembali bertanam. Saat ini hasilnya sudah bisa dinikmati masyarakat," katanya.

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada petani muda di wilayah Tabukan yang dengan giat terus memanfaatkan lahan kosong untuk pertanian hortikultura. "Mari kita manfaatkan setiap potensi sumber daya alam yang ada untuk kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pertanian," katanya.

Bupati mengajak masyarakat membiasakan hidup hemat dengan program kembali bertani. Biaya yang paling besar dikeluarkan oleh keluarga setiap hari untuk pembelian bahan makanan. Dengan program kembali bertani, diharapkan pengeluaran keluarga bisa ditekan sehingga bisa dialihkan untuk ditabung.

Sebagai bupati, Jabes Ezar Gaghana mengaku sudah belajar bertani supaya tidak terkesan hanya pandai bicara. Usahanya itu diharapkan bisa memotivasi masyarakat yang ada di Kabupaten Sangihe.


Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Bupati Kepulauan Sangihe Provinsi Sulut


Related Post



Loading...