Advertisement

Pemerintah Siprus Tangkap Pemilik Kapal Pembawa Bahan Kimia Penyebab Ledakan Besar Beirut

Pemerintah Siprus Tangkap Pemilik Kapal Pembawa Bahan Kimia Penyebab Ledakan Besar Beirut
(AFP Via iNews.id)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 7 Agustus 2020 11:14 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah Siprus telah menangkap seorang pria Rusia yang diyakini sebagai pemilik kapal pengangkut amonium nitrat penyebab ledakan besar di Beirut. Pria tersebut tengah menjalani interogasi guna menggali informasi lebih dalam.

Juru bicara kepolisian Siprus mengatakan pria yang namanya dirahasiakan itu ditangkap saat berada di rumahnya di Siprus pada Kamis (6/8/2020) malam waktu setempat. Pria tersebut tidak ditahan, polisi hanya melakukan interogasi berdasarkan rekomendasi dari Interpol dan polisi Lebanon.

"Ada permintaan dari Interpol Beirut untuk melacak orang ini dan menginterogasinya dengan sejumlah pertanyaan terkait kargo tersebut," kata Christs Andreou, juru bicara kepolisian dikutip dari Reuters, Jumat (7/8/2020).

Andreou mengatakan informasi terbaru yang didapat langsung dikirim ke Lebanon guna mendukung investigasi ledakan besar di Pelabuhan Beirut.

Sumber keamanan lain yang menolak namanya disebutkan menyebut bahwa pria itu merupakan pengusaha asal Rusia bernama Igor Grechushkin berusia 43 tahun.

Berdasarkan penuturan kapten kapal kargo Rhosus pada 2013, Boris Prokoshev, dia diminta menurunkan muatan bahan kimia amonium nitrat di Pelabuhan Beirut oleh Grechushkin untuk mengambil kargo tambahan.

Bahan kimia itulah yang menyebabkan ledakan dahsyat menyebabkan kehancuran masif di pelabuhan serta merusak bangunan dan kendaraan dalam radius hingga 5 kilometer. Suara ledakan bahkan sampai terdengar di Pulau Siprus yang berjarak 240 km dari lokasi insiden.

Sejauh ini, otoritas berwenang Beirut telah mengindentifikasi 150 korban tewas serta lebih dari 4.000 orang mengalami luka-luka.

Disadur dari iNews.id

Pemerintah Siprus. Seorang Pria Rusia Ledakan Besar Beirut


Related Post



Loading...