Penerapan Protokol Kesehatan di Era Tatanan Normal Baru, Bandara Juanda Tingkatkan Pengawasan

Penerapan Protokol Kesehatan di Era Tatanan Normal Baru, Bandara Juanda Tingkatkan Pengawasan
(ist/iNews.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 7 Agustus 2020 10:39 WIB

Terasjabar.id - Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) berupaya meningkatkan pengawasan penerapan protokol kesehatan di era tatanan normal baru. Peningkatan pengawasan dibuktikan dengan pembentukan tim monitoring penerapan protokol kesehatan.

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda di Sidoarjo, Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo mengatakan, tim merupakan gabungan dari personel bandara di antaranya terminal inspector, aviation security dan customer services. Setiap hari, tim akan melakukan pengecekan langsung ke seluruh area di terminal.

“Pengecekan dilakukan minimal tiga kali atau menyesuaikan dengan situasi kondisi di bandara," katanya, Kamis (6/8/2020).

Heru mengatakan, monitoring dilakukan untuk memastikan seluruh pengguna jasa kebandarudaraan taat dan tertib dalam menerapkan protokol kesehatan di era tatanan normal baru. Protokol kesehtaan di antaranya penggunaan masker hingga penerapan jaga jarak minimal 1,5 meter.

Ratusan CCTV juga ditempatkan di bandara untuk pengawasan secara visual. Dengan adanya CCTV yang terpusat di ruang kontrol, tim di lapangan akan lebih mudah dan cepat menuju titik rawan saat terjadi ketidakdisiplinan penerapan jaga jarak.

Beberapa kali dilakukan monitoring, masih ditemukan pengguna jasa yang tidak mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di Bandar Udara Internasional Juanda. Di situlah fungsi dari tim ini, dimana saat di lapangan akan mengingatkan pengguna jasa secara langsung.

“Hal ini terus kami lakukan demi keamanan, kenyamanan, dan kesehatan pengguna jasa kebandarudaraan," ujarnya.

Heru menambahkan, pihaknya juga melakukan announcement imbauan penerapan jaga jarak dan penggunaan masker. Pengumuman ini dilakukan tiap 10 menit.

"Saat ini jumlah penerbangan telah tumbuh sejak pemberlakuan tambahan jam operasional bandara. Sehingga kami pun lebih giat dan gencar melakukan pengumuman protokol kesehatan tersebut," katanya.

Saat ini di Bandara Juanda ada pertumbuhan sekitar delapan persen pascajam operasi ditambah. Rata-rata jumlah penumpang mencapai 12.000-13.000 per hari.

Disadur dari iNews.id

Bandara Internasional Juanda Surabaya Pandemi Virus Corona Protokol Kesehatan New Normal


Loading...