Warga Abaikan Protokol Kesehatan, Sebanyak 104 Tenaga Medis di Kota Jayapura Terkonfirmasi Positif Virus Corona

Warga Abaikan Protokol Kesehatan, Sebanyak 104 Tenaga Medis di Kota Jayapura Terkonfirmasi Positif Virus Corona
Ilustrasi (Tirto.ID : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 7 Agustus 2020 09:14 WIB

Terasjabar.id - Sebanyak 104 tenaga medis di Kota Jayapura, Papua, terkonfirmasi positif Covid-19. Salah satu penyebabnya karena sebagian warga tidak mematuhi imbauan protokol kesehatan.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Papua, dr Donald Arronggear, membenarkan kondisi tersebut. Sebab banyak warga belum disiplin menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

"Ada 29 dokter dari 104 tenaga kesehatan yang bertugas di Kota Jayapura terjangkit Covid-19," kata Arronggear di Kota Jayapura, Papua, Kamis (6/8/2020).

Menurut dia, pemerintah daerah (pemda) perlu lebih banyak melakukan edukasi kepada warga agar dalam berkegiatan tetap mentaati protokol kesehatan. Selain itu ada tindakan tegas bagi para pelanggarnya.

Untuk upaya penanganan kasus Covid-19 yang terus meningkat, dia meminta Pemerintah Provinsi Papua menyediakan alat tes Covid-19 metode polymerase chain reaction (PCR ) di RSUD Jayapura dan Abepura.

"PCR di rumah sakit dapat mengurangi waktu tunggu atau antrean pemeriksaan mengingat jumlah warga yang positif corona terus meningkat," katanya.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Kota Jayapura Protokol Kesehatan


Loading...