Mencegah Untuk Tidak Menjadi Sumber Penularan Baru, Pasien Positif Covid-19 Isolasi Mandiri Diminta Diawasi Ketat

Mencegah Untuk Tidak Menjadi Sumber Penularan Baru, Pasien Positif Covid-19 Isolasi Mandiri Diminta Diawasi Ketat
(iNews.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 7 Agustus 2020 08:56 WIB

Terasjabar.id - Pasien positif virus corona (Covid-19) yang menjalani isolasi mandiri di rumah diminta agar diawasi secara ketat. Pengawasan tersebut dinilai penting supaya tidak menjadi sumber penularan baru.


Ahli epidemiologi Universitas Indonesia Tri Yunis Miko Wahyono mengatakan, di Kota Bogor hingga Senin (3/8/2020), ada 46 pasien positif Covid-19 dirawat di rumah sakit dan 40 pasien positif lainnya isolasi mandiri.

"Pasien positif Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri ini harus benar-benar diawasi, harus diam di rumah. Kalau mereka butuh bantuan, diberi bantuan,” ujar Tri saat bertemu Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Bogor Dedie A Rachim di Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020).

Menurutnya, selain pengawasan, GTPP Covid-19 dan Dinas Kesehatan Kota Bogor juga dinilai penting memberikan pemahaman terhadap pasien positif Covid-19 mengenai bagaimana menjalani isolasi mandiri di rumah demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Dia terkejut melihat data penyebaran Covid-19 di Kota Bogor pada 10 Maret hingga 3 Agustus 2020. Menurutnya, penularan Covid-19 dari luar kota sangat tinggi dibandingkan faktor penularan lainnya.


"Dari data klaster luar kota, ternyata warga Kota Bogor yang keluar kota menggunakan kendaraan pribadi dan tertular Covid-19 ada 80 persen. Jadi, harus dievaluasi lagi, sebetulnya penularannya di mana," ucapnya.


Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Universitas Indonesia Kota Bogor


Loading...