Pasien Positif Virus Corona yang Kabur di Pontianak Telah Ditemukan, Kini Menjalani Isolasi di Pontianak

Pasien Positif Virus Corona yang Kabur di Pontianak Telah Ditemukan, Kini Menjalani Isolasi di Pontianak
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 6 Agustus 2020 12:02 WIB

Terasjabar.id - Ismail (42) pasien positif Covid-19 yang kabur di Pontianak, Kalimantan Barat telah ditemukan. Ismail kini menjalani isolasi di rumah isolasi yang disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak.


Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pontianak, Sidiq Handanu mengatakan, kondisi Ismail relatif baik meski positif terpapar Covid-19. Namun warga Jombang, Jawa Timur itu kelelahan karena tiga hari berpindah-pindah tempat selama pelarian.

"Kondisi fisiknya capek karena selama tiga hari ini dia berpindah-pindah tempat dalam pelarian," kata Sidiq di Pontianak, Kamis (6/8/2020).

Dia mengatakan, penempatan Ismail di rumah isolasi sesuai prosedur penanganan Covid-19 agar tidak menyebarkan virus ke orang lain.

Selanjutnya Dinkes Pontianak akan melakukan penelusuran (tracing) kontak yang pernah berinteraksi erat dengan Ismail selama di Pontianak.

"Selanjutnya akan dites cepat terhadap siapa saja yang punya riwayat kontak dengan pasien itu. Termasuk disinfektan di daerah yang dilewatinya," ujarnya.

Ismail tiba di Pontianak pada 1 Agustus 2020. Dia dinyatakan reaktif berdasarkan rapid test acak di Bandara Supadio.

Selama menunggu hasil tes swab, dia menginap di Hotel Jejuru Baru. Ketika hasil tes keluar dan dinyatakan positif terjangkit Covid-19, Ismail kabur tak mau diisolasi.

Dinkes Pontianak kemudian berkoordinasi dengan Polresta Pontianak untuk mencari Ismail.

Ismail akhirnya ditemukan bersembunyi di sebuah gang kecil di Desa Jawa Tengah, Kecataman Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya pada Rabu (5/8/2020) malam.


Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Pontianak Kalimantan Barat Rumah Isolasi


Loading...