Tiga Kandang Ayam di Kabupaten Tuban Ludes Terbakar, Peternak Rugi Puluhan Juta

Tiga Kandang Ayam di Kabupaten Tuban Ludes Terbakar, Peternak Rugi Puluhan Juta
(iNews.id/Pipiet Wibawanto : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 6 Agustus 2020 10:13 WIB

Terasjabar.id - Tiga kandang ayam milik Tarsilan (65) warga Desa Prunggahan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, ludes terbakar, Rabu (5/8/2020) malam. Tidak ada korban dalam musibah ini. Namun, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Semula hanya satu kandang yan terbakar. Namun, angin yang bertiup kencang menyebabkan api cepat membesar dan merembet ke kandang lain. Dalam waktu cepat, ketiga kandang dari bahan bambu itu ludes terbakar.

Beruntung, saat kebakaran terjadi, kandang berkapasitas 30.000 ekor ayam tersebut sedang kosong, sehingga kerugian tidak bertambah banyak.

Untuk memadamkan api, tiga unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan dikerahkan ke lokasi. Namun, upaya mereka sempat terganggu karena banyaknya warga yang berkerumun melihat kobaran api. Apalagi, akses jalan menuju kandang juga cukup sempit.

“Kami tahunya api sudah membesar. Tidak tahu karena apa. Kemungkinan karena tumpukan sampah yang terbakar. Sebab posisinya tak jauh dari kandang,” kata Kepala Desa Prunggahan Hari Winarko, Kamis (6/8/2020).

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban Yudi Irwanto mengimbau warga untuk berhati-hati di musim kemarau seperti ini. Sebab, potensi bencana kebakaran cukup tinggi.

“Pada musim kemarau, angin kencang, serta kondisi lahan banyak yang kering. Kondisi ini dapat memicu kebakaran seperti hari ini,” ujarnya.

Disadur dari iNews.id

Kebakaran Tiga Kandang Ayam Kabupaten Tuban


Loading...