Pelatihan Berbasis Kompetensi Mengurangi Angka Pengangguran

Pelatihan Berbasis Kompetensi Mengurangi Angka Pengangguran
Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi saat mengikuti acara pembukaan di gedung BLK Disnakertrans Jl RE Martadinata Kuningan Selasa (4/08-2020)
Editor: Epenz Teras Kuningan —Rabu, 5 Agustus 2020 13:19 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Pelatihan Berbasis Kompetensi mengurangi angka pengangguran serta membuka peluang kerja dan menciptakan lapangan kerja baru bagi masysarakat Kab Kuningan. Hal itu di katakan Bupati H. Acep Purnama, saat meresmikan Pelatihan Berbasis Kompetensi (DBHCHT) pada program peningkatan kualitas dan produktifitas tenaga kerja UPTD BLK Disnakertrans Kab Kuningan TA 2020 di Aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab Kuningan, Selasa (04/08/2020).

Hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kab Kuningan, Ketua APTI (Asosiasi Petani Tembakau Indonesia), Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans, para instruktur, undangan dan peserta pelatihan.

Bupati Acep mengapresiasi giat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertras) Kab Kuningan, yang telah melaksanakan berbagai pelatihan. Diantaranya Pelatihan Berbasis kompetensi ini. Diharapkan pada gilirannya dapat menunjang tujuan pembangunan nasional, ujarnya.

Selaras dengan tujuan pelatihan ini, meningkatkan kompetensi peserta pelatihan sesuai dengan bidangnya, dan sasarannya yaitu, terciptanya lapangan kerja baru yang mandiri, professional dan kompeten di bidangnya. Pelatihan diikuti 96 orang. Peserta dengan beragam materi yaitu, 6 (enam) paket pelatihan, antara lain PBK Juru Las 1 SMAW, PBK Menjahit Pakaian Dasar, PBK Teknisi Telepon Selular, PBK Tata Kecantikan Rambut, PBK Desain Grafis, serta PBK Pembuatan Roti dan Kue.

Tenaga pengajar/pelatih pada kegiatan ini adalah instruktur UPTD BLK, serta tenaga pelatih dari Koramil dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Metode pelatihan melalui pendekatan berbasis kompetensi melalui ceramah, tanya jawab, diskusi, dan praktek.

(H WAWAN JR)

Angka Pengangguran Pelatihan Berbasis Kompetensi DBHCHT Kabupaten Kuningan


Loading...