Ledakan Guncang Ibukota Lebanon, Saksi Mata: Ledakannya Begitu Besar, Saya Kira akan Mati

Ledakan Guncang Ibukota Lebanon, Saksi Mata: Ledakannya Begitu Besar, Saya Kira akan Mati
Tribunnews.com
Editor: Malda Hot News —Rabu, 5 Agustus 2020 08:58 WIB

Terasjabar.id - Setidaknya sepuluh orang tewas dalam ledakan hebat di Beirut, kata kantor berita Reuters.

Ledakan hebat mengguncang ibu kota Lebanon, Beirut, hari Selasa (4/8/2020). Sejumlah laporan menyebutkan setidaknya sepuluh orang meninggal dunia. Ratusan orang lainnya mengalami luka-luka.

Menteri Kesehatan Hamad Hasan mengatakan ada banyak korban luka dan insiden tersebut menyebabkan kerusukan besar.

Video dari lokasi kejadian memperlihatkan asap tebal membumbung ke angkasa setelah ledakan pertama. Kemudian terjadi ledakan kedua yang jauh lebih besar yang tampaknya menghancurkan beberapa bangunan di sekitarnya.

Salah seorang saksi mata kepada BBC mengatakan ledakannya begitu besar hingga mengira ia akan tewas. Ledakannya sangat memekakkan telinga, katanya.

Media setempat mengatakan orang-orang terjebak di bawah reruntuhan. Diperlihatkan pula mobil-mobil dan bangunan di sekitarnya yang rusak parah. Beberapa rumah sakit dikatakan kewalahan menerima para korban.

Hingga Selasa malam, belum diketahui sebab-sebab ledakan. Beberapa laporan setempat menyebutkan ledakan tersebut mungkin dipicu oleh insiden di gudang pabrik kembang api.

Laporan lain menyebutkan insiden terjadi di gudang yang menyimpan bahan-bahan yang sangat mudah meledak.

Ledakan terjadi ketika Lebanon tengah dililit krisis ekonomi, situasi yang memicu ketegangan politik. Warga turun ke jalan memprotes cara pemerintah menangani krisis ekonomi terburuk sejak perang saudara 1975-1990.

Terjadi pula ketegangan di perbatasan dengan Israel, yang mengatakan pekan lalu mereka menggagalkan upaya kelompok Hizbullah memasuki wilayah mereka.

Analis Timur Tengah BBC, Sebastian Usher, mengatakan ledakan ini mengingatkan orang akan bom yang menewaskan anggota parlemen dan mantan perdana menteri Rafik Hariri pada 2005.

Ketika itu, Hariri adalah politisi Sunni kenamaan yang menyerukan agar Suriah mundur dari Lebanon.

Sejak awal perang saudara pada 1976, Suriah menempatkan tentara di negara ini.

Pembunuhan membuat puluhan ribu warga turun ke jalan-jalan memprotes pemerintah Lebanon yang pro-Suriah. (Tribunjateng. com)



Lebanon Ledakan Bom Beirut Hassan Diab Petasan Amonium Nitrat


Loading...