Spesifikasi PlayStation 5 yang Akan Rilis Akhir Tahun Ini, Harganya 7 Jutaan ??

Spesifikasi PlayStation 5 yang Akan Rilis Akhir Tahun Ini, Harganya 7 Jutaan ??
(Tekno Kompas : Google)
Editor: Epenz Teras Techno —Selasa, 4 Agustus 2020 19:57 WIB

Terasjabar.id - Konsol game terbaru buatan Sony, PlayStation 5 rencananya akan diluncurkan Oktober atau Desember 2020.

Sampai sekarang, Sony belum memberitahu publik harga PS5.

Tapi, dilansir cnet.com, kabarnya game console ini akan dijual dengan harga sekitar 499 dolar Amerika.

Jika Anda mengkonversikannya ke kurs Rupiah, maka harga yang harus dibayarkan adalah sekitar 7 juta.

Untuk saat ini, masih belum ada kejelasan kapan Playstation 5 ini akan diluncurkan ke Indonesia.

Tapi, ini artinya Anda masih punya banyak kesempatan buat menabung.

Walaupun belum resmi dirilis, Playstation 5 sudah memancing animo masyarakat dunia yang sangat besar. Playstation 5 ini tidak hanya mengusung model game console terbaru berkesan futuristik.

Spesifikasi game console ini juga sangat tangguh. Anda juga bisa menikmati berbagai macam fitur-fitur menarik buat meningkatkan pengalaman gaming Anda.

Spesifikasi Playstation 5

Sebagai produk game console terbaru dari Sony, Playstation 5 memang punya banyak sekali keunggulan. Game console ini dipersenjatai dengan jenis CPU 8 core AMD Zen 2 yang menghasilkan performa mesin yang responsif dan anti lagging.

Kinerja masing-masing core CPU tersebut memang sangat tangguh, yaitu mampu berjalan hingga kecepatan 3.5 GHz.

Sedangkan untuk kartu grafis atau GPU, Sony menanamkan AMD RDNA dengan compute unit sebanyak 36 yang mampu menghasilkan kecepatan hingga 2.23 GHz. Performa playstation ini juga makin diperkuat dengan adanya kapasitas RAM yang sangat lapang, yaitu sebesar 16GB GDDR6. Kamu bisa memanfaatkan kapasitas storage internal sebesar 825GB untuk memainkan berbagai macam games populer.

tribunnews
Desain PS5 (playstation.com) (playstation.com)

Dari segi tampilan visual, Playstation 5 juga tidak kalah dengan seri console PS sebelumnya. Playstation ini bisa memutar video game dengan resolusi grafis yang sangat tinggi, yaitu mulai dari 4K hingga 7K. Refresh rate yang dimiliki adalah sekitar 120Hz, yang pasti sangatlah mendukung aktivitas gaming Anda. Sedangkan dari segi SSD, SSD yang dimiliki Playstation 5 ini bisa membaca data sebesar 5GB dalam jangka waktu satu detik saja.

Untuk meningkatkan aktivitas gaming Anda, Sony juga meluncurkan beberapa aksesoris untuk Playstation 5.

Aksesoris tersebut antara lain: charging station, remote, kamera beresolusi HD, dan headphone nirkabel yang dilengkapi dengan fitur Pulse 3D.

Kelebihan Playstation 5

Dari ulasan spesifikasi di atas, sudah terlihat kan ketangguhan dari Playstation 5. Selain itu, game console ini juga punya banyak sekali kelebihan. Yuk, simak berbagai kelebihan dari Playstation 5 berikut ini:

1. Playstation 5 Punya Waktu Loading yang Sangat Singkat

Playstation 5 dibekali dengan hardware SSD atau Solid State Drive. Dibandingkan dengan jenis harddisk biasa, SSD yang tertanam di dalam game console ini bisa mengolah data bandwidth dengan lebih efisien. Alhasil, waktu booting dan loading game ini juga jadi lebih singkat. Kemampuan loading dari game console ini terlihat saat Sony menggunakan Playstation 5 untuk memutar game Spider-Man. Game terload sempurna dalam jangka waktu kurang dari 0.8 detik saja. Sedangkan di PS 4 Pro, game yang sama butuh waktu loading sekitar 8.10 detik.

2. Playstation 5 Mengusung Teknologi Audio 3D yang Sangat Canggih

Bermain game dengan Playstation 5 bakal jadi terasa makin imersif dengan dukungan teknologi audio 3D yang dimiliki. Fitur audio yang dinamakan Tempest 3D Audio ini dibangun dengan menggunakan teknologi terkini. Alhasil, Anda dapat menikmati efek suara “surround” yang membuat pengalaman gaming jadi terasa semakin nyata. Game apapun yang Anda mainkan pun akan terasa sangat imersif. Fitur satu ini menjadi salah satu keistimewaan Playstation 5 yang tidak akan Anda temukan di seri-seri Playstation sebelumnya.

3. Playstation 5 Compatible Terhadap Game Playstation 4

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh Playstation 5 adalah, Anda tidak perlu membeli video game baru. Kalau Anda punya game-game favorit dari Playstation 4, Anda bisa memainkannya di game console terbaru ini. Diketahui, game console ini bisa compatible dengan 4,000 game dari Playstation 4. Namun, sayangnya sampai sekarang belum diketahui apakah Anda juga bisa memainkan game dari Playstation original, PS2, dan PS3.

4. Dilengkapi dengan UHD Blu-Ray Drive Beresolusi 4K

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh Playstation 5 adalah adanya pemutar video Blu –Ray dengan kualitas 4K. Drive yang sudah tertanam di dalam console ini membuat Anda dapat menikmati berbagai macam hiburan audio visual selain game console. Anda bisa menonton video beramai-ramai bersama keluarga. Aktivitas kumpul-kumpul bersama keluarga pun dijamin jadi semakin seru. Terlebih lagi dengan resolusi 8K yang ditawarkan. Bermain game akan terasa semakin realistis. Selain itu, aktivitas menonton film juga akan terasa semakin imersif.

5. Adanya fitur Haptic Feedback pada Controller

Tidak hanya dari segi mesin console saja, Sony juga menanamkan fitur canggih pada bagian controller. Fitur tersebut adalah Haptic Feedback, yang memungkinkan respons controller menjadi lebih responsif. Anda juga bisa menyetel respons trigger adaptif sesuai dengan jenis game yang dimainkan. Misalnya pada jenis game FPS (First-Person Shooting), maka pengaturan trigger adaptif dapat dipasang di tingkat yang tinggi. Sedangkan untuk game racing, pengaturan sedang sudah lebih dari cukup.

Ini Tips Menabung Untuk Membeli Playstation 5

Membaca spesifikasi dan keunggulan yang dimiliki Playstation 5 ini pasti membuat Anda semakin ingin untuk memilikinya. Harga playstation terbaru ini memang lumayan mahal. Tapi bulan peluncuran console ini juga masih sangat lama. Sehingga, Anda masih bisa menabung untuk membeli Playstation 5 ini.

Berikut adalah tips menabung agar uang Playstation 5 dapat cepat terkumpul:

1. Siapkan Celengan Khusus

Agar uang Anda lebih cepat terkumpul, sebaiknya siapkan celengan khusus untuk tabungan Playstation 5. Anda bisa membuat rekening terpisah dari rekening tabungan yang lain. Setiap awal bulan, usahakan Anda menyisihkan sedikit uang ke dalam rekening tersebut. Nominalnya terserah Anda. Tapi kalau Anda ingin uang cepat terkumpul, maka uang yang harus ditabung juga harus lebih banyak. Atau, Anda juga bisa menggunakan celengan tanah liat.

Menabung dengan celengan tanah liat bisa jadi terasa lebih ringan. Anda bisa menabung uang dalam bentuk sisa uang receh atau uang makan yang tidak terpakai. Kalau ada uang sisa di akhir bulan, juga bisa Anda masukkan ke dalam celengan tersebut. Anda juga tidak akan mengetahui nominal uang yang sudah tersimpan di dalamnya. Sehingga keinginan untuk mengambil uang dari dalam tabungan pun bisa berkurang.

2. Bersabar dan Tunggu Hingga Harga Turun

Selagi menabung, jangan lupa untuk tetap update dengan perkembangan harga Playstation 5. Saat pertama kali rilis, sangatlah wajar jika harga dari game console ini sangat mahal. Alasannya, karena ada banyak sekali gamers yang mencari game console tersebut. Namun, seiring waktu harga dari perangkat game tersebut pastinya akan semakin turun. Apalagi jika semakin banyak orang yang sudah memiliki game console ini. Jika Anda tidak terlalu bernafsu untuk jadi orang yang pertama mencicipi kehebatan Playstation 5, menunggu selama 1 atau 2 tahun tentunya bukan hal yang sulit.

3. Manfaatkan Promo Console Game

Tidak ingin menunggu terlalu lama? Anda bisa manfaatkan promo-promo yang diselenggarakan oleh toko game console terdekat. Anda juga bisa dapatkan penawaran promo dengan beli atau pre-order game console ini di toko online. Biasanya, ada beberapa event dimana Anda bisa mendapatkan diskon menarik untuk mendapatkan Playstation 5. Salah satunya adalah saat perayaan festival belanja, seperti Black Friday Sale, Harbolnas, dan lain-lain. Beberapa toko online juga kerap mengadakan promo untuk merayakan Natal, Paskah, dan Tahun Baru. Jadi, jangan sampai lewatkan kesempatan tersebut.

4. Kalau Ada Kupon Hadiah, Manfaatkan!

Saat ini, ada banyak sekali aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh kupon hadiah. Beberapa lembaga survey bahkan memberikan reward jika Anda bersedia untuk mengisi survey yang disediakan. Kalau Anda beruntung, tidak menutup kemungkinan Anda juga bisa mendapatkan kupon berhadiah diskon untuk pembelian Playstation 5.

5. Atur Pengeluaran Belanja Anda

Target untuk memiliki Playstation 5 bisa dibilang merupakan target yang sangat tinggi. Sehingga Anda harus benar-benar pintar dalam mensiasati pengeluaran. Jika Anda ingin tabungan bertambah dan uang untuk PS5 terkumpul dengan cepat, penghematan adalah satu-satunya cara. Anda dapat membuat daftar pengeluaran bulanan yang harus Anda keluarkan. Setelah itu, hilangkan keinginan untuk membeli barang-barang yang tidak terlalu penting.

Bagi Anda yang hobi jajan, kebiasaan jajan bisa dikurangi sementara waktu. Jika Anda tergiur dengan jenis-jenis game terbaru, tahanlah keinginan untuk membelinya. Anda bisa menabung untuk itu setelah mendapatkan console idaman. Untuk membantu Anda agar tetap fokus, tempelkanlah gambar atau foto Playstation 5 pada cermin kamar atau langit-langit kamar. Dengan demikian, tekad Anda untuk membeli playstation tersebut pun pasti akan semakin kuat.

6. Buka Ladang Penghasilan Tambahan

Agar sukses menabung, seringkali Anda harus mengambil 2 atau 3 pekerjaan tambahan. Jika Anda memiliki waktu dan tenaga, tak ada salahnya untuk menambah ladang pencaharian. Anda dapat menyesuaikan jenis pekerjaan tersebut dengan waktu serta tenaga dan sumber daya yang Anda miliki. Misalnya, Anda seorang pekerja kantoran yang juga hobi game online. Anda bisa mencari pekerjaan tambahan, baik sebagai joki game atau lain sebagainya. Anda dapat menyalurkan gaji hasil kerja tambahan tersebut ke dalam rekening tabungan Playstation.

7. Jual Game Console Anda yang Sudah Tidak Terpakai

Salah satu cara tercepat untuk menambah tabungan Playstation 5 Anda  adalah dengan menjual game console yang tidak lagi digunakan. Apabila Anda memiliki game console Nintendo Switch atau mungkin Playstation 4, mungkin bisa dipertimbangkan untuk dijual. Apalagi, harga kedua game console tersebut masih lumayan tinggi. Sebelum menjual, pastikan bahwa produk tersebut masih dalam kondisi baik. Semakin terawat game console Anda, maka akan semakin tinggi pula harga jual yang ditawarkan. Jangan lupa untuk menambahkan hasil penjualan ke dalam rekening tabungan untuk membeli Playstation idaman Anda, ya.

Nah, itulah ulasan spesifikasi, kelebihan, serta sedikit tips bagi Anda yang ingin memiliki Playstation 5. Tentunya, para gamers di Indonesia pun tak sabar ingin segera menjajal console satu ini, ya. (cnet.com/*)



Disadur dari Tribunjabar.id

Konsol Game Terbaru Sony PlayStation 5 Harga


Loading...