Gunung Bawakaraeng Dinilai rentan Terjadi Kebakaran Hutan, Pendaki Dilarang Membuang Puntung Rokok Sembarangan

Gunung Bawakaraeng Dinilai rentan Terjadi Kebakaran Hutan, Pendaki Dilarang Membuang Puntung Rokok Sembarangan
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 4 Agustus 2020 09:56 WIB

Terasjabar.id - Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), dinilai rentan terjadi kebakaran hutan. Salah satu penyebabnya diduga karena pendaki membuang puntung rokok sembarangan.

"Salah satu penyebabnya karena kelalaian masyarakat dan pendaki yang sengaja membuang puntung rokok sembarangan," kata Ikhsan di Kabupaten Gowa, Sulsel, Selasa (4/8/2020).

Menurut dia, kondisi ini harus diwaspadai. Apalagi sekarang sedang memasuki musim kemarau atau kering, sehingga api yang menyulut berpotensi menjadi besar dan membakar hutan dan lahan pegunungan.

Terdapat dua lokasi kebakaran yang cukup parah yakni Lembanna sebelum naik ke wilayah Tinggi Moncong dan satunya lagi di dekat Tompo Bulu ke arah Kabupaten Sinjai.

Saat ini dia mengakui akan ada banyak warga yang mendaki Gunung Bawakaraeng pada momen Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus mendatang. Para pendaki diminta tidak asal membuang puntung rokok sembarangan.

"Itu sangat rawan, karena bisa memicu kondisi kebakaran hutan," ujar dia.

Selain itu, dia juga meminta kepada para pendaki yang didominasi mahasiswa untuk melengkapi peralatan sebagai bekal mendaki. Termasuk tertib melapor ke pos penjagaan hutan dan Gunung Bawakaraeng.

Disadur dari iNews.id

Gunung Bawakaraeng Sulawesi Selatan Kebakaran Hutan


Loading...