Biasanya hingga 3 Minggu, Indramayu Kini Sudah Bisa Cek Sampel Swab 300 Orang Per Hari

Biasanya hingga 3 Minggu, Indramayu Kini Sudah Bisa Cek Sampel Swab 300 Orang Per Hari
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Senin, 3 Agustus 2020 13:20 WIB

Terasjabar.id - Pemeriksaan sampel swab untuk mendeteksi Covid-19 di Kabupaten Indramayu bisa dilaksanakan lebih cepat, mulai hari ini, Senin (3/8/2020).

Hal itu dipastikan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Indramayu, Taufik Hidayat, seusai mendapat satu unit mobil laboratorium untuk uji sampel PCR. Mobil itu merupakan hibah dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)/Satgas Nasional Covid-19 pada Rabu (29/7/2020).

Taufik Hidayat mengatakan, mulai hari ini mobil tersebut sudah beroperasi memeriksa sampel-sampel swab guna memetakan penyebaran virus corona.

"Sebelumnya sampel swab ini kita kirimkan ke Labkesda Provinsi Jawa Barat dan kita harus menunggu dua sampai tiga minggu. Namun kini dengan kita mempunyai kendaraan laboratorium ini bisa lebih cepat hasilnya," ujar Taufik Hidayat, Senin (3/8/2020).

tribunnews
Mobil laboratorium untuk uji sampel PCR yang merupakan hibah dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)/Satgas Nasional Covid-19 saat terparkir di Pendopo Indramayu, Senin (3/8/2020). (Tribun Cirebon/Handhika Rahman)

Taufik Hidayat mengklaim, hasil pemeriksaan swab di Kabupaten Indramayu bisa diketahui kurang dari 24 jam.

Dengan adanya mobil ini, dalam seharinya bisa diketahui hasil swab sebanyak 250 hingga 300 orang.

Target melakukan sampel swab terhadap 1 persen dari populasi atau jumlah penduduk di Kabupaten Indramayu pun bisa cepat tercapai.

Di Kabupaten Indramayu sedikitnya tercatat ada sebanyak 1,8 juta jiwa atau dengan kata lain target 18.500 sampel swab bisa dicapai hanya dengan waktu rentang waktu 2 hingga 3 bulan.

Pemetaan pun akan semakin cepat dan rantai penyebaran Covid-19 bisa segera diputus.

"Petugas labnya kita alhamdulillah ada 12 orang dan sudah melalukan training untuk pengoperasian mobil lab ini. Semuanya dari Indramayu," ujar dia. (Tribunjabar.id)



Indramayu Sampel Minggu


Loading...