Bupati Luwu Utara Targetkan Pembersihan Lumpur di Kota Masamba Bisa Segera Rampung Pada Pekan ini

Bupati Luwu Utara Targetkan Pembersihan Lumpur di Kota Masamba Bisa Segera Rampung Pada Pekan ini
(SINDONews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 3 Agustus 2020 11:27 WIB

Terasjabar.id - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, pembersihan material lumpur di Kota Masamba bisa segera rampung pada pekan ini. Seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) diminta saling membantu untuk mempercepat pemulihan ini.

"Kami berharap dalam sepekan ke depan, beberapa titik di Kota Masamba yang terdampak banjir bandang sudah bersih dari sisa-sisa material banjir bandang," kata Indah di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (2/8/2020).

Sejumlah pelayanan yang harus tetap tersedia, kata dia, di antaranya air bersih, psikososial untuk korban banjir, shalter, dapur umum, pelayanan kebersihan, dan logistik. Kemudian tim juga harus segera merampungkan pendataan rumah warga yang rusak.

Terkait pendataan rumah, kata dia, penting dilakukan untuk mempercepat turunnya dana tunggu hunian (DTH) sebagai pengganti hunian sementara. Dana ini dapat dipakai warga untuk menyewa rumah dan tidak lagi menempati tenda pengungsian.

"Target kami yang lain mempercepat DTH dari BNPB. Sebelum 17 Agustus, para pengungsi sudah bisa meninggalkan tenda pengungsian dan mencari rumah sewa, sambil menunggu pembangunan hunian tetap selesai dibangun," ujar dia.

Petugas di lapangan harus merinci data warga terdampak ini secara detail. Dia berharap data tersebut selesai hari ini (Senin ) dan langsung diserahkan ke pemerintah pusat.

"Lalu akan di-assesment dua pekan. Jadi sebelum 17 Agustus kami sudah bisa salurkan," katanya.

Disadur dari iNews.id

Bupati Luwu Utara Material Lumpur Kota Masamba OPD


Loading...