Pemkot Pontianak Menggelar Razia, Warga yang Tak Pakai Masker Akan Dites Swab

Pemkot Pontianak Menggelar Razia, Warga yang Tak Pakai Masker Akan Dites Swab
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 3 Agustus 2020 08:16 WIB

Terasjabar.id - Tindakan tegas dilakukan Pemerintah Kota (Pontianak) dengan menggelar razia penggunaan masker di beberapa titik keramaian. Warga yang kedapatan tidak menggunakan masker langsung menjalani tes swab di tempat.

"Warga yang terjaring razia tidak menggunakan masker langsung dilakukan uji swab," kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Minggu (2/8/2020) malam.

Edi mengatakan, razia masker dan tes swab ini digelar untuk melakukan penelusuran bila masih ada warga yang terjangkit Covid-19 namun tidak terdeteksi.

Menurut Edi, meski tidak ada lagi kasus positif di Pontianak, bukan berarti penelusuran melalui rapid test dan tes swab PCR dihentikan.

"Kita harus tetap waspada agar jangan sampai muncul kluster baru maupun gelombang kedua pandemi Covid-19 di Kota Pontianak," ujarnya.

Salah satu yang menjadi sasaran razia yakni Pasar Flamboyan. Edi mengatakan, sebagian besar atau di atas 90 persen warga di pasar tersebut sudah sadar menggunakan masker. Namun masih ada sekitar lima hingga sepuluh persen warga yang masih belum sadar untuk menggunakan masker.

Sebelumnya, kata Edi, razia masker juga dilakukan di warung-kopi yang bertebaran di Pontianak. Pengunjung yang kedapatan tidak memakai masker langsung diambil sampel swab-nya.

"Selanjutnya apabila ditemukan warga yang terpapar Covid-19, kita akan segera melakukan isolasi terhadap mereka," katanya.

Kalbar sempat nol kasus dan mencatat kesembuhan 100 persen pasien pada 22 Juli 2020 lalu. Namun ditemukan kembali 22 kasus baru di Kubu Raya, termasuk 16 orang yang merupakan pekerja bangunan.

Disadur dari iNews.id

Pemkot Pontianak Pandemi Virus Corona Gelar Razia Masker


Loading...