6 Cara Alami Kendalikan Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

6 Cara Alami Kendalikan Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi
Kompas Lifestyle
Editor: Malda Teras Health —Jumat, 31 Juli 2020 14:26 WIB

Terasjabar.id - Pada masa hari raya Idul Adha seperti saat ini, konsumsi kambing biasanya bakal melonjak dibanding pada hari biasa. Hal ini bisa membuat munculnya risiko masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu hal yang banyak dialami oleh manusia zaman sekarang. Faktor gaya hidup dan pola makan menjadikan pengidap masalah kesehatan ini terus meningkat seiring waktu.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi tekanan darah seperti usia, sejarah kesehatan keluarga, obesitas, aktivitas fisik, kebiasaan merokok, dan konsumsi alkohol. Jika faktor-faktor ini dan tekanan darah tak segera disadari, akan memicu banyak masalah kesehatan seperti gagal ginjal, penyakit jantung, dan stroke.

Untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi ini, kamu tidak harus mengonsumsi obat sepanjang waktu. Menyesuaikan pola dan jenis makanan juga bisa membantu dalam mengatasi masalah hipertensi ini. Dilansir dari Medical Daily, berikut cara alami kendalikan tekanan darah tinggi.


1 dari 6 halaman

Selalu Periksa Tekanan Darah

Dengan sering memeriksa tensi atau tekanan darah, maka kamu akan lebih terbiasa dalam menerapkan gaya hidup sehat. Sering mengecek juga bisa membuatmu lebih waspada dengan kondisi kesehatan dirimu sendiri. Hal ini bisa membantu dalam mencegah munculnya masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi ini.

2 dari 6 halaman

Konsumsi Potassium dan Magnesium

dan magnesium

Dua nutrisi sangat penting untuk mengontrol tekanan darahmu sehingga sebaiknya sering dikonsumsi. Potassium dapat ditemui pada sejumlah sayuran. Magnesium dapat diperoleh dari sayuran, gandum, almond, mete, dan avokad. Konsumsi sejumlah makanan tersebut bisa sangat bermanfaat dalam mengendalikan tekanan darah tinggi dan hipertensi.

3 dari 6 halaman

Kurangi Makanan Olahan

Hindari konsumsi makanan olahan karena kandungan dari sodium dan gula yang sangat tinggi di dalamnya. Kedua hal ini dapat memperburuk tekanan darah tinggi. Sebaiknya konsumsi makanan seperti buah dan sayur serta olahraga secara rutin.

4 dari 6 halaman

Jaga Berat Badan Ideal

badan ideal

Memiliki bobot yang lebih berat bisa meningkatkan risikomu mengalami tekanan darah tinggi. Mulailah berolahraga dan jaga berat badan ideal serta konsumsi makanan sehat juga. Menjaga berat badan tetap ideal bisa membantu menjaga tekanan darah tinggi tetap terjaga aman.

5 dari 6 halaman

Terapkan Pola Makan Khusus

Terdapat pola makan untuk mengatasi hipertensi yang disebut sebagai Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH). Pola makan yang terdiri dari konsumsi buah, sayur, susu rendah lemak, dan makanan alami bisa menjaga tekanan darah tinggi tetap terkendali.

6 dari 6 halaman

Meminimalisasi Stres

Mengurangi stres pada kehidupanmu dapat membuat kamu tetap relaks dan menjaga gula darah terkontrol. Pada faktanya, bernapas dalam dan meditasi merupakan cara yang tepat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Sejumlah cara tersebut bisa diterapkan untuk menjaga tekanan darah agar tetap terkontrol. Deretan cara tersebut dijamin bisa membuatmu terhindar dari masalah tekanan darah tinggi. [RWP/Merdeka.com]

Idul Adha Hipertensi Darah Tinggi


Loading...