Pemkot Banjarmasin Akan Memasang Pemancang Wifi Gratis di Wilayah Perkampungan Padat Penduduk, untuk Sekolah Jarak Jauh

Pemkot Banjarmasin Akan Memasang Pemancang Wifi Gratis di Wilayah Perkampungan Padat Penduduk, untuk Sekolah Jarak Jauh
(Humas Pemkot Banjarmasin via iNEws.id)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 31 Juli 2020 09:30 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan akan memasang pemancar Wifi gratis di wilayah perkampungan padat penduduk. Tujuannya untuk membantu pelaksanaan sekolah jarak jauh (SJJ) pada masa pandemi Covid-19.

Pemerintah Kota Banjarmasin belum mengizinkan proses belajar mengajar di sekolah secara tatap muka, karena sebagian besar wilayah masih zona merah.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina mengatakan program pemasangan pemancar Wifi gratis dilakukan di sekitar lokasi kelurahan hingga ke tingkat RT dan RW. Langkah ini menindaklanjuti keluhan para orang tua terkait penggunaan kuota internet.

"Ini salah satu solusi yang ditawarkan pemerintah kota dalam rangka menindaklanjuti keluhan para orang tua terkait kuota habis. Mkanya ditawarkanlah program ini dan diawali dengan dana CSR," ucapnya di Banjarmasin, Kamis (30/7/2020).

Untuk tahap uji coba, kata Ibnu Sina, akan dipasang pada lima sampai delapan titik pemancar Wifi di kawasan Jalan Kelayan A, Kelayan B, Sungai Andai, Teluk Dalam dan di Kampung Melayu.

"Kita harus melihat juga keandalan dari jaringan dan bandwithnya apakah memungkinkan, sehingga dipilihlah kawasan-kawasan padat penduduk, seperti Kelayan A, Kelayan B, kemudian di Sungai Andai, Teluk Dalam, kemudian lagi di Kampung Melayu. Jadi tidak semua kelurahan, ini kita uji coba dulu, apakah kuat," ucapnya.

Menurut Ibnu Sina, saat ini program tersebut masih dalam tahap perencanaan, untuk ke depannya akan dilakukan kajian secara konfrehensif. Sebab program tersebut berkaitan erat dengan penggunaan alokasi anggaran.

Sedangkan saat ini ada dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang penggunaannya masih belum terserap sepenuhnya.

Apabila nanti program ini benar-benar berjalan, Ibnu Sina ingin Wifi gratis itu untuk anak-anak sekolah. Dia juga mengaku tidak ingin nantinya program Wifi gratis itu disalahgunakan.

"Jadi harus jelas filternya seperti apa, apakah dipassword atau apakah di situs-situs yang bisa dikunjungi, atau misalnya ini berbasisnya pada sekolah," katanya.

Disadur dari iNews.id

Pemkot Banjarmasin Pandemi Virus Corona Sekolah Jarak Jauh


Loading...