Advertisement

Hari Raya Idul Adha 2020, Pelabuhan Merak Dipadati Kendaraan, Pemudik dari Pulau Jawa ke Sumatera

Hari Raya Idul Adha 2020, Pelabuhan Merak Dipadati Kendaraan, Pemudik dari Pulau Jawa ke Sumatera
(iNews/Iskandar Nasution : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 30 Juli 2020 11:34 WIB

Terasjabar.id – Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten, dipadati kendaraan para pemudik dari arah Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera, Kamis (30/7/2020). Pemudik yang didominasi kendaraan pribadi ini meningkat seiring dengan libur Hari Raya Idul Adha Tahun 2020.

Dari pantauan di setiap dermaga Pelabuhan Merak, sejak pukul 02.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB, ribuan kendaraan pribadi memenuhi area kantong parkir. Para pengendara mengantre untuk masuk ke kapal yang akan menyeberangkan ribuan pemudik dari berbagai kota di Pulau Jawa ke Pulau Sumatera.

Meski mengantre lama karena kemacetan panjang, mereka tampak sabar menunggu kedatangan kapal. Sebagian dari pemudik mengaku menghabiskan waktu perjalanan berjam-jam dari daerah asal menuju Pelabuhan Merak.

Para pemudik beralasan memilih untuk pulang pada waktu malam dan dini hari lantaran cuaca yang tidak panas. Bagi para pemudik, terutama pengendara motor, kondisi seperti ini membuat stamina tubuh tetap kuat saat perjalanan menuju kampung halaman. Mereka pun berharap bisa segera bisa menghabiskan libur Lebaran Idul Adha bersama keluarga tercinta.

Kendati demikian, para pemudik sempat mengeluhkan pelayanan jasa di pelabuhan yang terkesan lambat. Kondisi pelabuhan yang padat akibat banyaknya pemudik membuat setiap kendaraan tertahan lama di area pintu masuk.

“Tiket online tadi sempat error. Saya nunggu sampai dua jam lebih hanya di antrean aja, belum sampai ke kapal,” kata sopir travel, Aditya.

“Saya mau mudik ke Pringsewu, Lampung, karena udah libur kerja juga. Saya enggak tahu bakal sepadat dan seramai ini,” kata pemudik roda dua, Uki.

Untuk mengurai kepadatan volume pemudik di pelabuhan, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak mengoptimalkan 68 kapal roro dan menyiapkan lima dermaga reguler serta satu dermaga eksekutif. Dengan begitu, para pengguna jasa penyeberangan transportasi laut ini bisa seluruhnya dilayani.

Pihak Pelabuhan Merak memperkirakan jumlah pemudik di Pelabuhan Merak meningkat hingga 20 puluh persen jika dibandingkan hari biasanya atau hari libur sebelum-sebelumnya.

Disadur dari iNews.id

Hari Raya Idul Adha 2020 Pelabuhan Merak Kota Cilegon Provinsi Banten Pemudik


Related Post



Loading...