Pemprov Papua Tak Melarang Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah, Diminta Terapkan Protokol Kesehatan saat Beribadah

Pemprov Papua Tak Melarang Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah, Diminta Terapkan Protokol Kesehatan saat Beribadah
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 30 Juli 2020 08:32 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah Provinsi Papua tak melarang pelaksanaan Salat Idul Adha berjemaah pada Jumat (31/7/2020) besok. Namun masyarakat diminta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Papua, Muhammad Musaad mengatakan, imbauan mengenai protokol kesehatan sudah jelas sekali. Tiga aspek yakni jaga jarak, cuci tangan dan memakai masker.

"Kabupaten dan kota bisa melaksanakan salat sesuai dengan keputusan masing-masing," kata Musaad di Kota Jayapura, Papua, Kamis (30/7/2020).

Para jemaah Salat Idul Adha, kata dia, harus sadar diri menghindari kerumunan untuk mencegah penularan virus corona. Warga diminta jangan meremehkan penyebaran wabah Covid-19.

"Harus diingat kembali bahwa Covid-19 itu ada dan nyata sehingga protokol kesehatan harus diperhatikan," ujar dia.

Musaad mengaku prihatin dengan kondisi pandemi saat ini berbarengan dengan hari raya lebaran, mulai dari Idul Fitri hingga Idul Adha. Dia berharap wabah ini segera berakhir dan kondisi ini tak terulang di tahun depan.

Sebelumnya sebanyak 101 masjid dan lapangan di Kota Jayapura disiapkan untuk pelaksanaan Salat Idul Adha di masa pandemi Covid-19. Jemaah masjid nantinya tetap harus menaati protokol kesehatan.

"Tim dari Satgas Penanganan Covid-19 bersama Kanwil Kemenag (Kementerian Agama) akan ikut memantau pelaksanaan Salat Idul Adha nanti," ujar Ketua Satgas Covid-19 Jayapura, Rustan Saru.

Disadur dari iNews.id

Pemprov Papua Idul Adha 2020 Protokol Kesehatan


Loading...