Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno Optimistis Tidak Akan Terjadi Gelombang Kedua Virus Corona di Wilayah Sumbar

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno Optimistis Tidak Akan Terjadi Gelombang Kedua Virus Corona di Wilayah Sumbar
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 29 Juli 2020 11:34 WIB

Terasjabar.id - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno optimistis jika tidak akan terjadi gelombang kedua Covid-19 di wilayah Sumbar. Gelombang kedua itu bisa dicegah dengan pengendalian virus yang dilakukan dengan baik.

"Proses tracing dan tracking tidak boleh dilonggarkan, harus tetap maksimal seperti sekarang agar tidak terjadi gelombang kedua Covid-19," kata Irwan, Rabu (29/7/2020).

Irwan menambahkan, saat ini penyebaran Covid-19 di Sumbar sudah terkendali dengan baik. Meski masih ada penambahan, tetapi tidak banyak dan yang terpenting penanganan yang dilakukan cepat dan terukur.

"Jika ada kasus baru, kami selalu ingatkan bupati atau wali kotanya supaya segera lakukan tracing secara menyeluruh agar rantai penyebaran bisa segera diputus," kata dia.

Irwan melanjutkan, tracing menyeluruh adalah kata kunci utama untuk menekan Covid-19. Jika tracing dilonggarkan maka potensi penyebaran makin besar dan kekhawatiran akan datangnya gelombang kedua Covid-19 bisa terjadi.

"Misalnya jika ada warga positif Covid-19, proses tracing hanya dilakukan pada satu atau dua orang keluarga saja, tidak menyeluruh pada semua orang yang kemungkinan kontak dengan warga terkonfirmasi itu. Ini yang bisa menjadi bibit gelombang kedua itu," katanya.

Selain tracing, kata dia, untuk memutus rantai penularan Covid-19, Sumbar juga melaksanakan pengujian (testing), isolasi (isolation) dan perawatan (treatment) yang dilakukan secara masif.

"Sumbar juga beruntung memiliki Laboratorium Biomedik dari Fakultas Kedokteran Unand yang bisa memeriksa sampai dengan 2.500 lebih spesimen tes usap per hari," katanya.

Disadur dari iNews.id

Gubernur Sumatera Barat Pandemi Virus Corona Gelombang Kedua


Loading...