Udara Dingin Menyelimuti Wilayah Kota Bandung dan Sekitarnya, Suhu di Lembang Capai 13 Derajat Celsius

Udara Dingin Menyelimuti Wilayah Kota Bandung dan Sekitarnya, Suhu di Lembang Capai 13 Derajat Celsius
Ilustrasi (Antaranews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 28 Juli 2020 10:32 WIB

Terasjabar.id - Udara dingin menyelimuti wilayah Kota Bandung dan sekitarnya. Suhu pada Senin (27/7) kemarin mencapai 16 derajat celcius.

Hawa dingin makin menusuk kulit ketika memasuki wilayah Lembang. Di sana, suhu minimumnya tercatat 13 derajat celsius.

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Bogor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Hadi Saputra, mengatakan penyebab hawa dingin karena saat ini masuk musim kemarau.

"Kondisi sekarang karena hampir seluruh wilayah Jawa Barat memasuki musim kemarau. Kondisi pada siang hari udara terasa panas terik karena tutupan awan yang hampir tidak ada sehingga lebih terasa panas. Sedang pada malam hari, bumi melepaskan energi panasnya ke angkasa sehingga lebih cepat dingin terutama di daerah pegunungan," tutur Hadi seperti dikutip dari Liputan6.com, Selasa (28/7).

Penyebab lainnya, sambung Hadi, angin monsun Australia yang bertiup juga memberikan pengaruh terhadap kondisi suhu dingin saat ini.

"Rata-rata suhu udara minimum di kota Bandung pada 27 juli 2020 tercatat 16 derajat celsius, di Lembang 13,6 derajat celsius," jelasnya.

Hadi menerangkan, kondisi menurunnya suhu sudah terjadi dalam satu minggu terakhir. Penurunan suhu terjadi sekitar 4 derajat celsius.

"Untuk puncak suhu terendah biasanya terjadi di bulan Juli-Agustus hingga awal September, bersamaan dengan puncak musim kemarau," katanya.

Maka dari itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kondisi badan supaya tetap fit.

"Harus sering minum, pakai pakaian tebal atau jaket karena sekarang musim kemarau, serta harus bijak dalam penggunaan air," ucap Hadi.


Sumber: Liputan6.com

Disadur dari Merdeka.com 

Udara Dingin Kota Bandung Lembang


Loading...