China Sukses Menguji Coba Pesawat Amfibi Terbesar di Dunia (AG600), Penerbangan Perdana di Atas Laut di Qingdao

China Sukses Menguji Coba Pesawat Amfibi Terbesar di Dunia (AG600), Penerbangan Perdana di Atas Laut di Qingdao
(Tekno Tempo.co : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 27 Juli 2020 13:29 WIB

Terasjabar.id - China sukses menguji coba AG600, pesawat amfibi terbesar di dunia, Minggu (26/7/2020). Pesawat melakukan penerbangan perdana di atas laut di Qingdao, Provinsi Shandong.

Produsen pesawat Aviation Industry Corporation of China (AVIC), seperti dikutip dari Xinhua, Senin (27/7/2020), menyatakan, AG600 lepas landas dari lepas pantai Qingdao pukul 10.18 waktu setempat dan mengudara selama 31 menit.

Uji coba ini merupakan langkah penting bagi perusahaan milik pemerintah itu dalam mengembangkan pesawat amfibi besar.

Penerbangan perdana AG600 membuka jalan bagi pesawat ini untuk menjalani uji terbang selanjutnya di atas laut. AG600, bersama pesawat angkut besar buatan China lainnya, Y-20, serta pesawat penumpang lorong tunggal C919, merupakan bagian dari proyek keluarga pesawat besar yang dikembangkan Negeri Tirai Bambu.

Nantinya pesawat yang diberi kode Kunlong itu akan menjalankan misi utama penyelamatan darurat.

AG600 dirancang untuk memenuhi permintaan dalam negeri seperti operasi pemadaman kebakaran hutan, penyelamatan laut, dan penyelamatan darurat lainnya.

Proyek AG600 dimulai pada 2009. Pesawat amfibi dengan banyak kemampuan ini dapat lepas landas dan mendarat di tanah maupun air sehingga memiliki lebih banyak potensi kemampuan untuk melakukan berbagai misi.

AG600 juga dirancang beroperasi dalam kondisi cuaca dan lingkungan yang kompleks. Untuk misi penyelamatan, pesawat dapat terbang rendah di atas air serta berlabuh. Di samping itu, pesawat AG600 mampu menyelamatkan hingga 50 orang dalam setiap misi.

Disadur dari iNews.id

Pesawat Amfibi China AG600 Penerbangan Perdana


Loading...