Pemkot Bekasi Akui, Masih Terdapat Tempat Usaha Melanggar Protokoler Kesehatan

Pemkot Bekasi Akui, Masih Terdapat Tempat Usaha Melanggar Protokoler Kesehatan
Tribunjakarta
Editor: Malda Hot News —Senin, 27 Juli 2020 11:11 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah Kota Bekasi mengakui, masih terdapat tempat usaha melanggar protokoler kesehatan di masa adaptasi tatanan hidup baru pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bekasi Tedy Hafni mengatakan, pihaknya bersama unsur organisasi perangkat daerah lain sudah monitoring ke 1500-an tempat usaha.

"Masih ada memang yang melakukan pelanggaran meski bukan pelanggaran berat, pelanggaran ringan, seperti lupa memakai masker dan hand sanitizer, juga face shield," kata Tedy saat dikonfirmasi, Senin, (27/7/2020).

Beberapa tempat kata dia, ada yang diwajibkan menggunakan face shield atau pelindung wajab seperti misalnya pelayan restoran.

Tedy menjelaskan, jika dipersentasikan, jumlah tempat usaha yang melanggar protokoler kesehatan sekitar 25 persen dari jumlah yang sudah dimonitor.

Mereka yang melakukan pelanggaran rata-rata adalah jenis usaha kecil seperti warung makan tegal, warung kopi dan pedagang tradisonal lainnya.

"Tempat keramaian, di warteg, warung kopi, kadang masih ada. Kita memberikan arahan dan masukan kepada mereka," ucap Tedy.

Monitoring lanjut Tedy, terus dilakukan sampai saat ini. Dia berharap, masyarakat dan pelaku usaha dapat terus menjalankan protokoler kesehatan selama pandemi berlangsung.

"Kita harap mudah-mudahan berkat kerja sama semua elemen masyarakat baik pengusaha mall, tenant, bisa saling mengawasi, tenant mengawasi karyawannya kalau terjadi apa-apa ada yang positif covid ya tempatnya ditutup 2 minggu," ucapnya.

"Mereka saat ini bertambah baik, walau awal-awal kita perlu perjuangan yang ekstra, ada teguran-teguran," ucapnya.

"Izin juga kita harus ada yang kena hukuman, seperti hukuman disiplin, push up, saya lihat kita sudah nggak pernah lagi beri teguran-teguran, sudah lebih baik lagi," tegasnya.

(tribunjakarta.com)


Bekasi Kesehatan usaha Masker


Loading...