Gempa Berkekuatan 5,0 Mengguncang Timur Laut Nias Selatan, Dipastikan Tak Berpotensi Tsunami

Gempa Berkekuatan 5,0 Mengguncang Timur Laut Nias Selatan, Dipastikan Tak Berpotensi Tsunami
Ilustrasi (Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 27 Juli 2020 09:24 WIB

Terasjabar.id - Gempa hari ini berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang Timur Laut Nias Selatan, Sumatera Utara, Senin (27/7/2020) pukul 05.01 WIB. Sampai pukul 08.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dan dipastikan tak berpotensi tsunami.


Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa tektonik ini dimutakhirkan menjadi M 4,9. Episenter gempa terletak pada titik koordinat 0,60 LU dan 98,61 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 Km arah Timur Laut Nias Selatan pada kedalaman 51 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber, gempa ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, Senin (27/7/2020).

Guncangan gempa ini dirasakan di daerah Aek Godang II MMI. Sampai saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.


"Masyarakat kami imbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tk dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya." katanya.


Disadur dari iNews.id

Gempa BMKG Timur Laut Nias Selatan bermagnitudo 5 0


Loading...