Advertisement

KANDANG MACA[n] MENEBAR VIRUS LITERASI

KANDANG MACA[n] MENEBAR VIRUS LITERASI
Suasana gerakan aksi membaca/literasi di Open Space Galeri (OSG) Linggarjati Kunungan setiap hari Minggu.
Editor: Epenz Teras Kuningan —Senin, 27 Juli 2020 09:02 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Sebuah komunitas literasi Kabupaten Kuningan Jawa Barat yang digagas sejumlah pemuda 'nyentrik' melakukan aksi gerakan membaca di Open Space Galeri (OSG) Linggarjati Minggu (25/7). Komunitas yang diberi nama KANDANG MACA [n] ini, melancarkan aksinya dengan membuka lapak baca gratis ditengah-tengah kerumunan orang yang berolahraga di Open Space Galeri Linggarjati.l seiap hari Minggu.

Gerakan aksi baca buku ini menurut Giya Sugiyanto salah seorang aktivis "Kandang Maca", merupakan sebuah upaya mereka untuk mengangkat kembali budaya membaca yang saat ini sudah banyak ditinggalkan dan mengajak semua elemen masyarakat untuk kembali membaca, terangnya di-sela aksi gerakan literasi ini.


"Membaca adalah sebuah budaya yang tidak boleh hilang, kami sebagai anak muda yang menggemari literasi merasa harus berperan, Gerakan perpustakaan berjalan ini merupakan sebuah upaya dari kami selaku pemuda yang bertujuan untuk mengajak masyarakat agar kembali membaca, tentu saja ini terbuka untuk semua kalangan." Jelas Giya Sugiyanto salah satu pengurus komunitas KANDANG MACA [n].

Perpustakaan berjalan adalah program pertama yang terlaksana dari berbagai program yang telah mereka gagas. Mereka menyediakan berbagai jenis buku seperti, novel, komik, dan buku-buku ilmu pengetahun lainnya yang mereka kumpulkan dari mulai koleksi para pengurus bahkan dari beberapa rekan yang ikut andil dalam jumlah terbatas.


"Koleksi buku KANDANG MACA(n) walaupun belum terlalu banyak tapi sangat beragam, ada buku-buku pengetahuan, sastra, komik dan lain-lain. Buku-buku ini didapat dari sumbangsih teman-teman yang mendukung gerakan ini."

Kegiatan ini ungkap Giya, rutin digelar setiap hari minggu pagi pukul 06.30 - 10.00 selesai di Open Space Galery (OSG) Linggarjati, Kuningan. Tak hanya itu, mereka juga menggelar perpustakaan membaca setiap hari sabtu malam di taman cilimus (tamci), imbuh dia.

(H WAWAN JR)

KANDANG MACA [n] OSG Kabupaten Kuningan Komunitas Literasi


Related Post



Loading...