Matcha Memiliki Segudang Manfaat Untuk Kesehatan, Berikut Resep Bikin Matcha Tradisional ala Jepang yang Kaya Antioksidan

Matcha Memiliki Segudang Manfaat Untuk Kesehatan, Berikut Resep Bikin Matcha Tradisional ala Jepang yang Kaya Antioksidan
Ilustrasi (YukTravel : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Minggu, 26 Juli 2020 10:58 WIB

Terasjabar.id - Semua pasti sudah tahu, matcha memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Tinggi antioksidan, matcha yang terbuat dari teh hijau ini memberikan efek menenangkan dan menyenangkan bagi tubuh.


Minuman matcha sering kita dengar dan umumnya disajikan sebagai latte. Namun sejatinya, matcha atau bubuk teh hijau ini mempunyai rasa yang pahit dan unik di lidah. Rasa itu bisa didapatkan ketika diseduh dengan cara tradisional.

Untuk membuat matcha tradisional, ada beberapa alat dari Jepang yang mendukungnya. Di antaranya chawan atau mangkuk teh, kocokan teh yakni chasen, dan sendok teh tradisional bernama chashaku.

Berikut bahan-bahan dan resep membuat matcha tradisional, seperti dilansir dari Just One Cook Book, Minggu (26/7/2020).



Bahan-bahan:

1 sdt bubuk matcha
70 ml air mendidih

Langkah-langkah pembuatan:

1. Siapkan bahan-bahan dan tea set atau alat-alat tadi.

2. Tuang air mendidih ke dalam mangkuk teh atau cangkir lebar.

3. Kocok pengaduk teh atau chasen ke dalam air panas. Ini bertujuan untuk melembutkan bambu, membuat chasen fleksibel dan kenyal untuk mengocok matcha.

4. Buang air panas dan keringkan mangkuk.

5. Ambil 1 sdt bubuk matcha ke saringan halus di atas mangkuk teh. Kemudian ayak matcha Anda ke dalam mangkuk kosong yang kering. Ini akan memastikan tidak ada gumpalan bubuk matcha di minuman Anda.

6. Tuangkan air mendidih ke dalam cangkir teh kosong dan biarkan dingin selama satu menit.

7. Tuangkan air mendidih yang sudah mendingin tadi ke mangkuk berisi matcha.

8. Kocok matcha dengan chasen hingga tercampur rata.

9. Terakhir, tuang air panas ke dalam mangkuk sampai penuh. Matcha tradisional siap disajikan.

Walaupun ritual ini bukan metode yang tepat untuk upacara minum teh di Jepang, tetapi cara ini mudah untuk dilakukan di rumah. Dan tentunya, bisa mendapatkan manfaat luar biasa dari minuman tradisional ini.

Selamat menikmati!


Disadur dari iNews.id

Matcha Tinggi Antioksidan Tradisional Jepang


Loading...