Curah Hujan yang Tinggi, Longsor Terjadi di Bukit Pulai Sumatera Barat dan Menutupi Sebagian Badan Jalan

Curah Hujan yang Tinggi, Longsor Terjadi di Bukit Pulai Sumatera Barat dan Menutupi Sebagian Badan Jalan
(Covesia.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 26 Juli 2020 10:52 WIB

Terasjabar.id - Longsor di Bukit Pulai, Kecamatan Batangkapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menutupi sebagian badan jalan. Curah hujan yang tinggi diduga menjadi penyebabnya.

Material longsor, seperti reruntuhan tanah perbukitan dan pohon kayu, menutupi hampir sebagian badan jalan lintas Painan-Batangkapas.

Akibat tumpukan material longsor pada bagian badan jalan, membuat akses lalulintas dikawasan tersebut sedikit terganggu. Dimana, kendaraan roda empat tidak bisa melintas secara bersamaan dan berlawanan arah.

Menurut keterangan salah seorang pengendara, Randi (37), diketahui kejadian ini terjadi sore tadi sekitar pukul 17.00 WIB saat kondisi hujan deras.

"Hujan deras terjadi mulai sejak siang tadi. Berkemungkinan pasti longsor terjadi ketika hujan deras berlangsung pada sore tadi. Karena, pagi tadi sebelum hujan belum ada terjadi longsor dikawasan itu," katanya seperti dilansir dari Covesia.com jaringan Suara.com, Minggu (26/7/2020).

Ia menambahkan, material longsor menutupi hapir sebagian badan jalan. Sehingga, kendaraan roda empat tidak bisa lewat bersamaan secara berlawanan arah.

"Akses jalan memang tidak macet. Tapi cukup mengganggu. Selain sedikit mengganggu, kondisi ini cukup berbahaya bagi pengendara motor melintas saat berlawanan arah," ujarnya.

Lanjutnya, sampai sekarang tumpukan material longsor masih menimbun badan jalan, dan belum ada terlihat upaya untuk membersihkan tumpukan material di badan jalan tersebut.

"Belum dibersihkan, tumpukan tanah bukit dan pohon tumbang masih menutupi bagian badan jalan," pungkasnya.

Sementara itu, Kasi Kedaruratan BPBD Pessel, Hasnul Karim membenarkan, berdasarkan laporan, memang ada longsor di kawasan Bukit Pulai Kecamatan Batangkapas.

Namun katanya, kondisi longsor tidak terlalu parah dan akses jalanpun masih bisa dilewati, meski diketahui material longsor menutupi sebagian badan jalan.

"Benar ada longsor dan kondisi tidak terlalu parah. Karena, masih bisa dilewati pengendara. Baik, roda dua maupun roda empat," katanya.

Ia menambahkan, untuk membersihkan material longsor. Pihaknya, telah menghubungi pihak perawatan jalan dari PU Provinsi.

"Kita telah hubungi PU provinsi, dan meminta untuk membersihkan material longsor dengan alat berat. Berkemungkinan besok akan dibersihkan," pungkasnya.

Disadur dari Suara.com 

Curah Hujan Tinggi Longsor Bukit Pulai Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat


Loading...