Kasus Positif Virus Corona di Jakarta Bertambah 376 Orang, Ini Tanggapan Anies Baswedan

Kasus Positif Virus Corona di Jakarta Bertambah 376 Orang, Ini Tanggapan Anies Baswedan
(iNews.id/Felldy Utama : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 26 Juli 2020 10:45 WIB

Terasjabar.id - Kasus positif covid-19 di Jakarta bertambah 376 orang pada Sabtu (25/7/2020). Penambahan itu membuat total kasus positif di ibu kota mencapai 18.741 orang.

Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengatakan penambahan itu menunjukkan Pemprov serius melakukan pemeriksaan untuk menelusuri kasus positif. Jika sekadar menargetkan penurunan kasus positif menurutnya bisa saja Pemprov Jakarta menurunkan pengetesan masif.

"Kalau kita tidak bertanggung jawab, kita kurangi testing, langsung angka positif turun, langsung angka positif keliatan rendah. Tapi itu bukan tujuan kami, tujuan kami justru menemukan yang positif, mengisolasi yang positif," kata Anies ditemui di Kawasan Bunderan HI, Jakarta Pusat, Minggu (26/7/2020).

Oleh karena itu, Anies memastikan Pemprov Jakarta terus mengagresifkan penelusuran dan tes covid-19 secara masif. Harapannya agar kasus positif segera ditemukan dan ditangani.

"Karena itu menurut saya masyarakat jangan hanya melihat angka penambahan kasus, karena kalau lihat angka penambahan kasus kemudian dikesankan dalam kasusnya tambah berarti ada masalah," ujarnya.

Anies menjelaskan jika pasien positif tak segera ditemukan bisa jadi penularan covid-19 akan semakin cepat dan meluas. Hal itu menurutnya justru semakin membahayakan warga Jakarta.

"Kami tidak ingin mengurangi jumlah testing hanya untuk memberikan kesan aman. Kami justru mau menambah testing supaya bisa menemukan yang positif yang sedang berada di luar, yang semula tidak tahu. Karena 66 persen dari kasus positif itu tanpa gejala. Kalau orang tanpa gejala tidak diketahui, berbahaya," katanya.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Jakarta Kasus Positif


Loading...