Pemerintah Sedang Menyelesaikan Pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Mihanasa Utara, Rampung Agustus 2021 ??

Pemerintah Sedang Menyelesaikan Pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Mihanasa Utara, Rampung Agustus 2021 ??
(TreanAsia : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 26 Juli 2020 10:08 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah sedang menyelesaikan pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Mihanasa Utara, Sulawesi Utara. Proyek bendungan ini bagian dari pengendalian banjir Kota Manado dan sekitarnya.

Bendungan ini diharapkan dapat menampung debit air 470 meter kubik per detik, seperti saat banjir bandang melanda kawasan tersebut 2014.

"Saat ini bendungan masih menunggu masalah teknis pada pondasi bendungan, mudah-mudahan dalam minggu ini sudah mulai dikerjakan konstruksi diafragmanya, diperkirakan 2-3 bulan selesai," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dikutip keterangan pers, Minggu (26/7).

Dia menjelaskan, progresnya Paket 1 sudah mencapai 64,5 persen dan Paket 2 mencapai 83,7 persen. Sehingga total progres secara keseluruhan telah mencapai 73 persen.

"Ditargetkan bisa selesai Agustus tahun 2021," ungkap Basuki.

Basuki menjelaskan Bendungan Kuwil Kawangkoan selain dekat dengan Kota juga dekat dengan Waruga makam leluhur masyarakat Minahasa. Sebab itu pihaknya kata Basuki akan mentata kawasan tersebut. Dia juga menjelaskan pembebasan lahan untuk pembangunan infrastruktur di Provinsi Sulawesi Utara, khususnya Bendungan Kuwil Kawangkoan relatif lancar.

"Mudah-mudahan sudah tidak ada masalah. Saya rasa Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara aktif sekali sehingga saya tidak khawatir soal lahan. Kita siapkan ganti untung, tinggal prosesnya saja," tambah Basuki.

Diketahui Bendungan Kuwil Kawangkoan selain dimanfaatkan sebagai penyediaan air baku untuk Kota Manado, Kecamatan Kalawat, Kota Bitung dan KEK Bitung sebesar 4,5 meter kubik per detik, PLTM dengan kapasitas 2 x 0,70 MW serta pengembangan pariwisata.

Bendungan Kuwil Kawangkoan memiliki kapasitas tampung 23,37 juta meter kubik dan luas genangan 139 hektare. Bendungan ini dibangun sejak 2016 dengan biaya Rp1,46 triliun yang dikerjakan oleh PT. Wijaya Karya-DMT, KSO , PT. Nindya Karya (Persero) Tbk.

Disadur dari Merdeka.com 

Pembangunan Bendungan Kuwil Kabupaten Mihanasa Utara Sulawesi Utara


Loading...