Advertisement

Rumah Toto Di Cikadu Diamuk Si 'Jago Merah

Rumah Toto Di Cikadu Diamuk Si 'Jago Merah
Kobaran Api yang melahap rumah Toto Firmasyah di Desa Cikadu Kuningan. Diantaranya 1 unit motor Kawasaki ikut hangus terbakar
Editor: Epenz Teras Kuningan —Jumat, 24 Juli 2020 11:39 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Rumah berlantai 2 milik Toto Firmansyah (52 th) di Blok Wage RT 13 RW 04 Desa Cikadu Kec. Nusaherang Kuningan diamuk si 'Jago merah' akibat arus pendek listrik yang terjadi pada pukul 12.15 WIB dinihari Rabu (22/07-2020).

Menurut keterangan Saksi mata Wahyudi (60 th) warga setempat, sekitar pukul 23.15 WIB malam itu saat melintas di depan rumah Toto tiba-tiba terdengar suara ledakan yang berasal dari bangunan lantai 2 , disusul dengan kepulan asap dan kobaran api semakin membesar. Spontan saya mengedor rumah dan membangunkan pemilik rumah yang tidak mengengetahui ada kebakaran dari lantai, tuturnya.

(Kobaran Api yang melahap rumah Toto Firmasyah di Desa Cikadu Kuningan. Diantaranya 1 unit motor Kawasaki ikut hangus terbakar)


Toto kemudian keluar menyelamatkan diri dan saya langsung memberitahu warga sekitar untuk melakukan pemadaman api dengan peralatan seadanya, subutnya.
Namun kobaran api semakin membesar bahkan sudah membakar kabel listrik, hingga praktis warga tidak bisa berbuat banyak.


Ilham Anggota Satpol-PP warga desa setempat melaporkan kebakaran ke kantor UPT Pemadam Kebakaran Kuningan pukul 23.50 WIB. Tak lama pukul 23.55 WIB 2 mobil Randis damkar dan 10 anggota meluncur dan tiba di TKP Pukul .12.05 WIB.


Petugas 'Damkar' dibantu warga sekitar, Pamong Desa Cikadu, Anggota Polsek Kadugede, Satpol-PP Kuningan, dan PLN Kuningan melakukan pemadaman dan berhasil menjinakan api dalam waktu dua jam (pukul 02.00 wib).


Kerugian akibat kebakaran itu sekitar Rp 125,5 juta dengan rincian sbb : luas bangunan yang terbakar 36 M2 dan yang dapat diselamatkan seluas 20 M2. Selain itu 1 Unit motor merk Kawasaki No pol Z 5513 BK tahun 2013 warna hitam gangus jadi abu, 1 Buah Kulkas, dan peralatan Rumah tangga. Namun tak terdapat korban jiwa.


Kepala UPT Damkar Pol PP Kuningan Mh Khadafi Mufti, S.Pd, M.Si menghimbau warga masyarakat agar mewaspadai bahaya /potensi kebakaran yang bersumber dari Listrik , Tungku,gas, dll.


Selanjutnta kepada Pihak Aparat Pemerintan Desa Setempat agar menyediakan sistem Proteksi kebakaran aktif seperti ; APAR ( alat Pemadam Api Ringan), tandon air, dll. yang ditempatkan dimasing-masing Dusun/blok. Masalah pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran ini adalah kewajiban bersama, tegasnya.


Apabila terjadi kebakaran, segera laporkan ke kantor UPT Damkar Satpol PP Kab.Kuningan di No (0232)871113. Layanan Gratis /tidak dipungut biaya apapun., ujar Khadafi di TKP.


(H WAWAN JR)

Kebakaran Rumah 2 Lantai Toto Firmansyah Kecamatan Susaherang Kuningan


Related Post



Loading...