Marc Marquez Siap Tampil di MotoGP Andalusia Sabtu dan Minggu Ini, Rossi Langsung Tanggapi Begini

Marc Marquez Siap Tampil di MotoGP Andalusia Sabtu dan Minggu Ini, Rossi Langsung Tanggapi Begini
Tribunjabar.id
Editor: Malda Sport Style —Jumat, 24 Juli 2020 10:59 WIB

Terasjabar.id - Ketika ramai tersiar kabar pebalap Repsol Honda Marc Marquez siap tampil di MotoGP Andalusia akhir pekan ini, pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, langsung menanggapinya.

Sebagaimana diketahui, rider asal Spanyol itu mengalami kecelakaan high side pada seri pembuka MotoGP Spanyol, Minggu (19/7/2020).

Akibat kecelakaan itu, Marc Marquez mengalami patah tulang pada lengan kanannya.

Marc Marquez dikutip Tribunjabar.id dari Kompas.com, baru saja menjalani operasi untuk membenahi lengan kanannya di salah satu rumah sakit Barcelona pada Selasa (21/7/2020).

Setelah menjalani operasi, pebalap Repsol Honda itu kemudian dinyatakan fit usai melakoni tes medis di Sirkuit Jerez, Kamis (23/7/2020) waktu setempat.

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (kanan bawah) terlihat kesakitan seusai mengalami crash pada sesi latihan (FP1) MotoGP Thailand 2019 Jumat (4/10/2019)
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (kanan bawah) terlihat kesakitan seusai mengalami crash pada sesi latihan (FP1) MotoGP Thailand 2019 Jumat (4/10/2019) (TWITTER.COM/MOTOGP)

Menanggapi Marquez yang dinyatakan fit dan siap membalap pada seri kedua MotoGP 2020, Valentino Rossi mengaku tidak menyangka dengan pemulihan Marquez.

Valentino Rossi pun memberikan pujian buat dokter yang menangani Marc Marquez.

"Dia (Marquez) kembali ke lintasan hanya lima hari setelah operasi adalah pemulihan yang cepat dan luar biasa," tutur Valentino Rossi dikutip dari laman Tuttomotoriweb.

"Salut buat dokter yang menangani Marc," ujarnya.

"Jika Marc bisa membalap pada akhir pekan ini, akan sangat menyenangkan bagi semua orang," pungkasnya.

 Meski Marquez dipastikan akan membalap pada GP Andalusia akhir pekan ini, ia tidak akan mengaspal pada sesi latihan bebas pertama dan kedua, yang dijadwalkan pada Jumat (24/7/2020).

Hal itu dikarenakan manajer Repsol Honda, Alberto Puig, meminta Marquez untuk beristirahat.

Rider berusia 27 tahun itu siap mengaspal pada Sabtu (25/7/2020) untuk sesi latihan bebas atau free practice 3, 4 dan kualifikasi.

Adapun seri kedua MotoGP 2020 musim ini akan berlangsung di MotoGP Andalusia yang masih akan dihelat di Sirkuit Jerez pada 24-26 Juli.

Lintasan balap ini juga digunakan di GP Spanyol pada akhir pekan lalu.

Meski sama-sama digelar di Sikuit Jerez, GP Andalusia tidak bisa disebut sebagai GP Spanyol meskipun dilangsungkan di tempat yang sama.

Hal itu disebabkan karena regulasi yang mengharuskan setiap balapan memiliki nama berbeda apabila dilangsungkan di tempat sama dalam waktu dekat pada musim sama.

MotoGP Andalusia akan dimulai dengan sesi latihan bebas atau free pratice (FP) pada Jumat (24/7/2020).

Jadwal sesi latihan bebas MotoGP Andalusia, Jumat (24/7/2020):

  • 14.55 - 15.40 WIB - FP1
  • 19.10 - 19.55 WIB - FP2

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Marc Marquez Siap Balapan di GP Andalusia, Begini Kata Valentino Rossi"

Repsol Honda Tidak Cari Pengganti Sementara Marquez

Alex Marquez  saat di belakang Marc Marquez pada seri pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez.
Alex Marquez saat di belakang Marc Marquez pada seri pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez. (@AlexMarquez73 via Kompas.com)

Honda sudah memutuskan tidak akan mencari pengganti sementara dari Marc Marquez dan akan fokus ke Alex Marquez.

Dilansir Tribunjabar.id dari Kompas.com, artinya, sang adik kandung Alex akan menjadi pebalap tunggal di seri kedua MotoGP 2020 di Andalusia, Spanyol, akhir pekan ini.

Alex yang juga berstatus juara dunia Moto2 2019 tersebut mengaku santuy, tidak merasa tertekan karena kondisi ini.

Menjadi satu-satunya pebalap Repsol Honda untuk seri kedua nanti, Alex mengaku tidak ada yang berubah.

Alex tetap mengejar target yang sama seperti pada seri sebelumnya.

"Sekarang kami sudah punya pengalaman untuk seri berikutnya, kami akan coba untuk meningkat. Sepertinya jelas di mana saya harus meningkat. Tapi sekarang waktunya pembuktian dan harus dilakukan," ujar Alex, dikutip dari Motorsport.com.

Alex menambahkan, akan sangat penting untuk melihat seberapa besar dirinya bisa meningkat dibanding seri sebelumnya.

"Bagi saya, tidak ada yang berubah, pekerjaan di paddock akan tetap sama, mencoba untuk konstan dan meningkat hanya dengan melihat diri sendiri," kata Alex.

Menurut Alex, hal tersebut justru yang ingin dilakukannya di setiap seri. Bukan melihat bagaimana dirinya menyelesaikan balapan.

Tujuannya adalah meningkatkan kecepatan dan posisi.

Alex menyebut balapan perdananya di kelas MotoGP sangat positif.

Meskipun, hanya finis di urutan ke-12 dan terpaut 27 detik dari sang pemenang, Fabio Quartararo.

"Tentu saja saya ingin lebih dekat ke barisan depan, tapi kami lihat semuanya sangat ketat, seperti di Moto2. Hal yang paling penting dalam debut adalah menyelesaikan balapan," ujar Alex.(Tribunjabar.id)



Marc Marquez MotoGP Andalusia Kecelakaan


Loading...