AS Tuding Rusia Uji Coba Senjata Anti-Satelit di Luar Angkasa

AS Tuding Rusia Uji Coba Senjata Anti-Satelit di Luar Angkasa
CNN Indonesia
Editor: Malda Hot News —Jumat, 24 Juli 2020 10:44 WIB

Terasjabar.id -- 

Amerika Serikat menuduh Rusia melakukan uji coba senjata anti-satelit di luar angkasa.

Komando Militer Luar Angkasa AS mengatakan pihaknya "memiliki bukti" bahwa Moskow melakukan uji coba senjata "non-destruktif" terhadap senjata anti-satelit berbasis di luar angkasa pada 15 Juli.

"Uji Coba pekan lalu adalah contoh lain bahwa ancaman terhadap sistem luar angkasa AS dan sekutu itu nyata, serius, dan meningkat," bunyi pernyataan US Space Command pada Kamis (23/7).

Sistem senjata yang diuji coba Rusia disebut sama dengan yang dikemukakan US Space Command tahun ini yang menyebut bahwa sistem senjata Moskow sempat bermanuver di dekat satelit milik pemerintah AS.

US Space Command menuturkan uji coba senjata ini tidak bisa diterima. 

"Ini adalah bukti lebih lanjut dari upaya berkelanjutan Rusia untuk mengembangkan dan menguji sistem berbasis ruang angkasa, dan konsisten dengan doktrin militer Kremlin yang ingin mengancam aset senjata luar angkasa AS dan sekutu dalam bahaya," kata Kepala US Space Command, Jenderal Jay Raymond.

Ia mengatakan uji coba senjata ini merupakan contoh terbaru dari Rusia yang berperilaku "tidak konsisten dengan misi mereka".

Sementara itu, negosiator AS untuk perlucutan senjata, Marshall Billingslea, mengatakan insiden ini akan menjadi "masalah utama" yang dibahas pekan depan di Wina terkait perundingan (Strategic Arms Reduction Treaty) START baru.

START merupakan perjanjian yang dibentuk demi menyetop perlombaan senjata nuklir As dan Rusia.

Dikutip AFP, Presiden Donald Trump mengatakan kepada Presiden Vladimir Putin bahwa AS berharap bisa menghindari perlombaan senjata "mahal" dengan Rusia dan China.

Pada Kamis (23/7), China juga meluncurkan sebuah alat ke Mars, sebuah misi yang bertepatan dengan misi yang tengah dilakukan AS.

(rds/dea/CNN)

Amerika Serikat Luar Angkasa Rusia


Loading...