Polres Kunigan Gelar Acara FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) Di Linggarjati

Polres Kunigan Gelar Acara FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) Di Linggarjati
Polres Kunigan Gelar FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) Di Linggarjati
Editor: Epenz Teras Kuningan —Jumat, 24 Juli 2020 08:57 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, S.I.K. membuka acara Focus Grup Discussion (FGD) di Hotel Ayong Linggarjati Cilimus Rabu (22/07-2020) didampingi Kapolsek Cilimus dan Kasat Binmas Polres Kuningan.


FGD bertajuk "Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam rangka Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan" (Karhutla) di Kabupaten Kuningan tersebut, diikuti oleh 25 orang peserta, yang mayoritas masyarakat pinggiran dikaki gunung Ciremai antara lain, Desa Cisantana, Pajambon, Sangkanherang, Linggajati, Setianegara dan desa Cibuntu.

(Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, SIK)


Tampil sebagai Pemateri yakni, Heru Hermawan, S.Sos.(BPBD Kab.Kuningan)dan San Andre Jatmiko, S. Hut., M.M. (TNGC Kuningan) dengan Moderator : IPTU Deden dan Aipda M. Khafid, S.Pd.I.


Kapolres Kuningan AKBP Lukman SD Malik, SIK memaparkan bahwa, dari FGD tersebut menghasilkan 4 point penting yaitu, Strategi pertama, pentingnya peningkatan penanganan karhutla mulai dari pusat hingga daerah untuk melakukan pencegahan, early warning, penetapan siaga darurat lebih dini, menerapkan reward and punishment, peninjauan lapangan serta mengajak masyarakat untuk mencegah terjadinya karhutla di wilayah mereka, ujarnya.


Strategi kedua, Melakukan teknik modifikasi cuaca untuk pengaturan ritme hujan. "Mudah-mudahan kesiapan kita dalam modifikasi cuaca, kiranya bisa membuat kita melakukan pengaturan ritme hujan,” harap Lukman.


Kemudian, Strategi ketiga, semua pihak harus meletakkan kewaspadaan tinggi dalam menghadapi kemarau. Maka berdasarkan evaluasi telah dapat diidentifikasikan arah langkah kedepan dalam kewaspadaan dan monitoring cuaca yang tidak menunggu sampai musim kemarau tiba, tegasnya.

(Peserta Focus Grup Discussion ikuti Protokol Kesehatan di Hotel Ayong Linggarjati Cilimus Kuningan Rabu (22/7-2020))


Dan Strategi ke empat, Melakukan inovasi untuk mempercepat dan mempermudah upaya pencegahan karhutla. Misalnya cetak desa mandiri, pengendalian ruang wilayah oleh swasta dan masyarakan pada lahan hutan dan kebun serta pembukaan lahan tanpa bakar. Itu semua menjadi langkah penting, pungkas Kapolres AKBP Lukman S.D MALIK, S.I.K.


(H WAWAN JR)

Focus Grup Discussion Kapolres Kuningan Hotel Ayong Linggarjati


Loading...