Makanan Tradisional Korea (Kimchi) ini Ternyata Bermanfaat untuk Bantu Lawan Covid-19

Makanan Tradisional Korea (Kimchi) ini Ternyata Bermanfaat untuk Bantu Lawan Covid-19
Ilustrasi (Medcom.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 23 Juli 2020 11:45 WIB

Terasjabar.id - Kita semua sudah tahu, kimchi adalah makanan tradisional Korea yang berasal dari salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi. Makanan ini sangat populer di Korea, dan telah menjadi favorit banyak orang, apalagi bagi penggemar hal-hal yang berbau Korea.

Kabar baik untuk Anda, makanan-makanan seperti kembang kol atau acar kubis, dan kimchi ini diteliti dapat berperan dalam mengurangi angka kematian akibat Covid-19.

Hal tersebut diketahui dari penelitian yang diunggah di Biomed Central (BMC) belum lama ini. Penelitian tersebut menyoroti tentang hubungan antara pola diet dan tingkat kematian akibat Covid-19 di sejumlah negara.

“Banyak makanan memiliki aktivitas antioksidan. Resveratrol, hadir dalam banyak makanan, adalah penghambat infeksi MERS-Coronavirus,” tulis penelitian tersebut seperti dikutip dari jurnal ilmiahnya pada Kamis (23/7/2020).

Penelitian itu juga menyebut, diet tertentu yang lebih kaya antioksidan dan lemak jenuh yang lebih rendah kemungkinan berperan dalam menurunkan kadar enzim pengonversi angiotensin (ACE2).

“Secara teoritis, orang-orang di bagian timur laut Jerman, yang mengalami tingkat kematian per kapita yang lebih rendah daripada daerah lain di negara itu, mungkin telah mendapat manfaat dari diet yang kaya akan antioksidan kuat atau aktivitas anti-ACE, seperti kol yang difermentasi atau yang tidak dimasak,” demikian seperti dilansir dari My Recipes.

“Kami mengakui, banyak faktor dapat berperan dalam penyebaran dan tingkat keparahan Covid-19, seperti kekebalan terlatih terhadap populasi, pendidikan awal dan cepat, organisasi yang cepat dan adaptasi rumah sakit dan masyarakat, kesiapan menghadapi pandemi, serta kebersihan umum. Diet hanya mewakili satu dari kemungkinan penyebab epidemi Covid-19,” tulis penelitian tersebut.

Jadi, selain mengonsumsi makanan-makanan sehat kaya antioksidan, Anda juga sangat direkomendasikan melakukan tindakan pencegahan lainnya seperti mengenakan masker, menjaga jarak, serta sering mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

Tak hanya lewat makanan, gaya hidup lain juga mempengaruhi sistem kekebalan Anda. Mulai dari rutin berolahraga, istirahat yang cukup, mengurangi stres, dan cukup tidur.

Disadur dari iNews.id

Makanan Tradisional Korea Kimchi Pandemi Virus Corona


Loading...