Gubernur Wayan Koster Membenarkan Akan Membuka Pariwisata Bali Untuk Turis, 'Turis Asing Datang ke Bali Wajib Bawa Hasil Negatif Covid-19'

Gubernur Wayan Koster Membenarkan Akan Membuka Pariwisata Bali Untuk Turis, 'Turis Asing Datang ke Bali Wajib Bawa Hasil Negatif Covid-19'
(Humas Pemprov Bali Via iNews.id)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 23 Juli 2020 10:19 WIB

Terasjabar.id - Gubernur Wayan Koster membenarkan akan membuka pariwisata Bali untuk turis asing pada 11 September 2020. Namun ada persyaratan yang harus dipenuhi bagi turis asing yang hendak datang ke Bali.

"Untuk wisatawan mancanegara, sesuai edaran Menteri Perhubungan harus menunjukkan surat keterangan hasil uji negatif dan berlaku sampai dua minggu," kata Koster dalam sesi Webinar di Denpasar, Rabu (22/7/2020) malam.

Koster mengatakan, rencana membuka pariwisata Bali untuk turis asing itu merupakan tahap ketiga pelaksanaan pariwisata memasuki adaptasi kenormalan baru.

Saat ini Bali tengah berada dalam tahap pertama di mana kegiatan perekonomian masyarakat Bali, terutama di sektor pariwisata mulai bergairah kembali setelah dibuka pada 9 Juli 2020 lalu.

Kemudian pada tahap dua, Bali mulai membuka kegiatan pariwisata untuk wisatawan domestik pada 31 Juli mendatang. Menurut Koster, sejumlah menteri dijadwalkan hadir pada pembukaan tersebut, seperti Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio.

Untuk mempersiapkan dibukanya kembali destinasi Pulau Dewata tersebut, Bali telah mengeluarkan protokol agar pelaksanaan kegiatan pariwisata bagi masyarakat lokal dan wisatawan memenuhi aspek kesehatan, kenyamanan dan keamanan.

Dia menambahkan, kontribusi devisa wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali mencapai 41 persen atau senilai Rp116 triliun.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo tentang "tourism quality", Bali juga akan menerapkan standar pelaksanaan pariwisata yang tinggi agar wisatawan yang berkunjung memiliki waktu tinggal (stay) yang lama dan melakukan pengeluaran (spending money) agar memiliki nilai ekonomi yang tinggi bagi pendapatan Bali.


Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Gubernur Wayan Koster Bali Pariwisata


Loading...