Google Akan Membatasi Sistem Operasi Android 11 Pada Ponsel yang Memiliki RAM di Atas 2 GB Saja

Google Akan Membatasi Sistem Operasi Android 11 Pada Ponsel yang Memiliki RAM di Atas 2 GB Saja
Ilustrasi (Line Today : Google)
Editor: Epenz Teras Techno —Kamis, 23 Juli 2020 08:21 WIB

Terasjabar.id - Google akan membatasi sistem operasi Android 11 pada HP atau ponsel yang memiliki RAM di atas 2 GB saja, demikian diwartakan oleh GSM Arena, Rabu(22/7/2020).

Sementara untuk ponsel-ponsel yang disokong RAM 2 GB ke bawah hanya akan bisa menggunakan Android Go, sistem operasi yang memang dirancang untuk HP dengan spesifikasi bawah dengan harga murah.

Informasi ini diperoleh dari dokumen Device Configuration Guide atau panduan konfigurasi perangkat bertanggal 24 April 2020. Dalam dokumen itu juga diketahui bahwa HP dnegan RAM 512 MB tidak lagi bisa dibekali dengan Google Mobile Service.

Kebijakan baru ini diperkirakan akan mulai berlaku mulai triwulan empat 2020, ketika sistem Android 11 mulai disebar ke seluruh dunia. Saat ini Android 11 versi beta sudah mulai bisa diakses dan dicoba oleh pengguna.

Rumor ini sendiri belum dikonfirmasi atau dikomentari oleh Google.

Meski demikian diduga aturan baru ini hanya berlaku untuk HP baru. Dengan kata lain, HP baru yang punya RAM 2 GB atau di bawahnya tidak akan diberikan Android 11, hanya Android Go. Tetapi untuk HP lawas ber-RAM 2 GB yang diotaki Android 10 kelak masih bisa menikmati Android 11.

Disadur dari Suara.com 

Google Sistem Operasi Android 11 smartphone Ram 2 GB


Loading...