Jelang MotoGP Andalusia 2020: Marquez Nyaris Absen 6 Bulan

Jelang MotoGP Andalusia 2020: Marquez Nyaris Absen 6 Bulan
CNN Indonesia
Editor: Malda Sport Style —Rabu, 22 Juli 2020 11:33 WIB

Terasjabar.id -- 

Jelang MotoGP Andalusia 2020 di Sirkuit Jerez, Minggu (26/7), Marc Marquez diklaim nyaris absen enam bulan karena kecelakaan hebat di MotoGP Spanyol 2020 akhir pekan lalu.

Marquez sukses menjalani operasi retak tulang lengan kanan di Barcelona, Selasa (21/7). Dr. Xavier Mir yang mengoperasi Marquez mengatakan operasi berjalan lancar.

Mir menganggap Marquez beruntung tidak harus absen lama karena kecelakaan di MotoGP Spanyol 2020. Pasalnya, kecelakaan di Sirkuit Jerez hampir membuat saraf radial di lengan Marquez rusak.

"Operasi tidak mudah, karena retak terjadi di bagian hampir penting dan kami khawatir dengan saraf radial, yang berdekatan dengan lokasi retak. Beruntung saraf itu tidak terpengaruh oleh bagian tulang yang patah," ujar Mir dikutip dari AS.

Repsol Honda Team's Spanish rider Marc Marquez competes during the MotoGP qualifying session of the Spanish Grand Prix at the Jerez racetrack in Jerez de la Frontera on July 18, 2020. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)Marc Marquez mengalami kecelakaan di MotoGP Spanyol 2020. (JAVIER SORIANO / AFP)

"Rumit jika hal itu terjadi. Kerusakan saraf akan butuh waktu yang lama untuk pulih, bisa mencapai enam bulan. Tentu ada keberuntungan. Bagusnya saraf radial tidak terpengaruh," ucap Mir.

Lebih lanjut Mir belum bisa memastikan berapa lama Marquez harus absen. Juara bertahan MotoGP itu berharap bisa kembali tampil di MotoGP Republik Ceko 2020 di Sirkuit Brno, 7-9 Agustus mendatang.

"Orang biasa dengan cedera ini butuh waktu delapan pekan, jika beruntung, enam. Kami akan melihat kondisi Marquez. Dia dan sejumlah pembalap MotoGP mengejutkan saya dengan waktu pemulihan, karena mereka mampu cedera dan menjalani rehabilitasi lebih cepat," ujar Mir.

"Kita lihat nanti, tapi saya yakin Marquez akan mengejutkan kita mengenai waktu pemulihan. Saya belum bisa mengatakan [Marquez bisa tampil di Ceko], karena ini belum 24 jam setelah operasi," sambung Mir.

Live streaming MotoGP Andalusia 2020 pada Minggu (26/7) bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com. Siaran langsung balapan juga bisa dinikmati melalui Trans7.(CnnIndonesia.com)

MotoGP Marc Marquez Repsol Honda Ducati Kecelakaan Andalusia


Loading...