Marquez dan Tantangan Minus 50 Poin di MotoGP 2020

Marquez dan Tantangan Minus 50 Poin di MotoGP 2020
GridOto.com
Editor: Malda Hot News —Selasa, 21 Juli 2020 09:42 WIB

Terasjabar.id -- 

Marc Marquez diyakini bakal absen di MotoGP Andalusia pekan ini. Dengan demikian, dia bakal tampil dengan kemungkinan tertinggal 50 poin dari lawan begitu kembali ke lintasan MotoGP bulan depan.

Kegagalan Marquez di MotoGP Spanyol benar-benar terasa pahit. Aksi Marquez yang sangat brilian, kembali ke posisi ketiga usai terlempar ke belakang, ditutup dengan kekecewaan lantaran Marquez mengalami kecelakaan.

Ketidakberuntungan Marquez tak berhenti sampai di situ. Bukan hanya minimal 16 poin yang hilang dari genggaman, melainkan kabar cedera patah tulang lengan kanan yang kemudian menemaninya di akhir balapan.

Pertarungan Marquez kini adalah dengan waktu. Berdasarkan pemeriksaan terkini, Marquez bakal absen di MotoGP Andalusia dan ditargetkan bisa kembali pada MotoGP Ceko, 9 Agustus mendatang.

MotoGP rider Marc Marquez of Spain steers his motorcycle during the Spanish Motorcycle Grand Prix at the Angel Nieto racetrack in Jerez de la Frontera, Spain, Sunday, July 19, 2020. (AP Photo/David Clares)Marc Marquez tampil fenomenal di MotoGP Spanyol sebelum akhirnya kecelakaan. (AP/David Clares)

Kembalinya Marquez di MotoGP Ceko adalah kemungkinan terbaik dari cedera yang dialami Marquez. Hal itu sudah menghitung bahwa semua proses penyembuhan berjalan lancar tanpa kendala.

Dengan Marquez absen di MotoGP Andalusia, Marquez berpotensi ketinggalan 50 angka di klasemen MotoGP andai Fabio Quartararo jadi pemenang. Bila Maverick Vinales atau Andrea Dovizioso yang keluar sebagai pemenang, selisih poin yang harus dikejar Marquez ada di kisaran 40 angka.

Hal terbaik yang bisa diharapkan oleh Marquez tentu bila ketiga pembalap itu sama-sama menuai hasil buruk di MotoGP Andalusia. Namun harapan itu sulit terwujud karena ketiganya tampil cukup impresif dan bakal bertarung dengan lebih waspada di MotoGP Andalusia.

Dengan demikian, Marquez kemungkinan bakal datang dengan kondisi tertinggal 40-50 poin begitu kembali. Itu pun dengan syarat ia bisa tampil di MotoGP Ceko.

Kondisi di MotoGP 2020 ini benar-benar menjadi kondisi tersulit yang dialami Marquez dalam beberapa tahun terakhir. Setelah seolah diuntungkan akibat pandemi corona sehingga proses pemulihan bahu menjadi lebih panjang, Marquez kini malah dihadapkan pada situasi yang lebih berat.

Cedera parah di tengah jadwal yang padat jelas merupakan pukulan telak bagi Marquez di awal musim MotoGP 2020.

Repsol Honda Team's Spanish rider Marc Marquez (C) inspects his helmet during the first day of the pre-season MotoGP winter test at the Sepang International Circuit in Sepang on February 7, 2020. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)Marc Marquez kini juga harus berlomba dengan waktu untuk sembuh. (Mohd RASFAN / AFP)

Marquez Hadirkan Keseruan MotoGP 2020

Marquez terlihat terlalu dominan dalam beberapa musim terakhir. Bahkan pada musim lalu, tak ada satu pun pembalap yang bisa menandingi konsistensi dan kehebatan Marquez di musim lalu.

Cedera Marquez musim ini jelas menghadirkan dimensi baru bagi MotoGP 2020. Pembalap-pembalap lain yang jadi rival Marquez seperti Quartararo, Vinales, dan Dovizioso kini punya peluang mengantongi keunggulan 30-50 poin atas Marquez.


Bayangkan, Marquez terlempar ke posisi akhir dan dengan mudah kembali berada di belakang Vinales di lap ke-22. Bila Marquez tak mengalami kecelakaan, menyalip Vinales bukan sekadar impian belaka.Hal ini jadi modal berharga bagi pembalap lain untuk mengatasi ketangguhan Marquez. Merujuk pada penampilan Marquez di Jerez, jelas bahwa 'Baby Alien' punya kecepatan yang jauh lebih baik dibandingkan pembalap lainnya.

Kecelakaan dan absennya Marquez juga membuat cerita upaya Marquez meraih gelar ketujuh MotoGP menjadi jauh lebih berkesan. Bila Marquez mampu jadi juara dunia musim ini, Marquez bakal menyamai rekor milik Valentino Rossi.

Andai Marquez bisa melakukannya dengan kondisi sempat tertinggal 40-50 poin di awal musim, jelas gelar tersebut bakal semakin meriah untuk dirayakan.

Dengan kondisi nol poin setelah dua seri berjalan nanti, Marquez agak mundur ke belakang sebagai calon pembalap yang layak difavoritkan juara dunia musim ini.

Namun sebuah kesalahan besar bila menihilkan peluang juara dunia Marquez hanya dengan kondisi saat ini.

Semua harus kembali mengingat, bahwa dia adalah Marc Marquez, pembalap terhebat di dunia dalam satu dekade terakhir.

(ptr/jal/CNN)

Marquez MotoGP Andalusia Kecelakaan


Loading...