Presiden Jokowi Hari Ini Diagendakan ke Manado, Jalan Tol Manado-Bitung Seksi I-IIA Akan Diresmikan

Presiden Jokowi Hari Ini Diagendakan ke Manado, Jalan Tol Manado-Bitung Seksi I-IIA Akan Diresmikan
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 21 Juli 2020 09:18 WIB

Terasjabar.id - Jalan Tol Manado-Bitung seksi I-IIA akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (22/7/2020) besok. Tol sepanjang 21 kilometer (Km) dan merupakan yang terpanjang di Pulau Sulawesi tersebut sudah siap untuk dioperasionalkan.

"Sudah pasti (peresmiannya). Pak Presiden kira-kira jam 11.30 Wita sudah berada di jalan tol," ujar Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono, Senin (20/7/2020).

Menurutnya, Presiden Jokowi direncanakan akan berangkat ke Manado bersama-sama dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk melihat persiapan peresmiannya pada Selasa (21/7/2020) hari ini.

"Lokasi peresmiannya direncanakan berada di Gerbang Tol Kauditan," katanya.

Mantan Kepala BPJN XV Manado itu menyebut, bentangan tol yang akan diresmikan sepanjang 21 kilometer, bermula dari Gerbang Tol (GT) Manado dan berakhir di GT Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara.

Secara keseluruhan, bentangan tol terpanjang di Sulawesi itu mencapai 39,9 kilometer dan berakhir di Kota Bitung. Belum tersambungnya tol secara utuh karena masih dalam tahapan konstruksi dan pembebasan lahan di beberapa titik.

Tol Manado-Bitung dibangun dengan skema kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU) dengan nilai investasi Rp16,9 triliun. Kehadiran tol pertama di Sulawesi Utara (Sulut) ini akan memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung dan sebaliknya menjadi 30 menit. Sebelumnya, waktu tempuh kedua kota itu sekitar 90-120 menit.

Tol ini diharapkan menjadi penyokong Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, pelabuhan Bitung serta KEK Pariwisata Likupang di Kabupaten Minahasa Utara.

Disadur dari iNews.id

presiden Jokowi Jalan Tol Manado-Bitung Peresmian


Loading...