Tim EPPD Memantau Kinerja Pemkab Kuningan

Tim EPPD Memantau Kinerja Pemkab Kuningan
Tim EPPD saat melakukan kunjungan kerja ke Pemkab Kuningan, diterima di ruang rapat Linggajati Senin (20/07-2020)
Editor: Epenz Teras Kuningan —Selasa, 21 Juli 2020 09:03 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Tim Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) yang dipimpin oleh Toto Suharto melakukan kunjungan kerja dalam rangka memantau kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kab Kuningan di ruang rapat Linggajati Senin (20/07-2020). Kehadiran Tim EPPD diterima oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama di dampingi Sekda DR. H. Dian RY, Staf Ahli, Para Asisten, Kepala Dinas, Badan/Kantor, dan Kabag Lingkup Setda Kuningan.

Ketua Tim Toto Suharto, menjelaskan tujuan EPPD ini adalah, untuk mengetahuu keberhasilan daerah serta memberi apresiasi bagi Pemda yang mengirimkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) 2019.Penyelenggaraan pemerintah daerah tujuan utamanya ada kesamaan pemahaman bagi para evaluator terhadap EPPD 2020. Dengan sangat baiknya peringkat Kab Kuningan di antara kabupaten lainnya. Khususnya dalam tingkat kinerja Pemerintahan Kab Kuningan memiliki peluang di usulkan, untuk mendapat penghargaan Tanda Kehormatan Samiya Para Samya Purna Karya Nugraha, paparnya.

Bagi kepala pemerintahan yang memiliki kinerja dengan nilai tertinggi, akan punya peluang di usulkan untuk mendapatkan Penghargaan Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha. Selain itu, ada 3 sasaran untuk informasi birokrasi, yaitu pemerintahan yang bersih dan berkinerja tinggi, pemerintahan yang efektif, efisien dan pelayanan publik yang berkualitas, terangnya.

Terkait pelaksanaannya harus menjadi komitmen bersama, sehinggal hal tersebut dapat terwujud dan dapat dipertahankan. Ada 8 bentuk reformasi birokrasi yang bisa digunakan, yakni manajemen perubahan, penataan dan penguatan organisasi, penataan perundang-undangan, penataan sumber daya manusia, penataan tata laksana, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kerja, penguatan kualitas pelayanan publik, urai Toto. Sementara itu, Bupati H Acep Purnama menjelaskan meskipun ditengah Covid-19 kinerja pemerintahan Kab.Kuningan tetap produktif. Sehingga EPPD bisa diselenggarakan tepat waktu sesuai undang-undang yang berlaku.

Disebutkan bahwa,dalam penanganan segala bidang harus terpenuhi bagi seluruh masyarakat, mulai infrastruktur, kesehatan dsbnya. Acep memaparkan, untuk memajukan kesejahteraan masyarakat. Dari 361 desa, 100 desa wajib dijadikan sebagai Desa Pinunjul yaitu, Desa unggulan yang bisa dijadikan motivasi.

Dari target 100 desa bahkan sudah melebihi target. Berdasarkan data sudah ada 165 desa yang siap jadi desa pinunjul. Di harapkan juga desa pinunjul ini dapat menjadi desa mandiri. Dari 100 desa pinunjul akan diseleksi menjadi 25 Desa Wisata, dengan memanfaatkan keadaan geografis, SDA, SDM dan sumber daya masyarakat Menurut H Acep Purnama Kabupaten Kuningan menyumbangkan ruang terbuka hijau untuk provinsi jawa barat yang cukup signifikan. Kab.Kuningan juga mengambil program dari luar juga yakni, memajukan desa yang ada di kab. Kuningan. Sehingga kab. Kuningan dimasa mendatang bisa menjadi lebih baik Kebijakan yang dibuat pemerintah daerah dan fokus pada kemajuan masyarakat dan perbaikan produksi pangan dan non pangan.

Guna mempertahankan dan memajukan kinerja tersebut, Pemerintah Kab. Kuningan melakukan tahap rancangan, perencanaan, keputusan bersama dengan DPRD lalu dilanjutkan dengan realisasi dan di terakhir adalah evaluasi, pungkas Acep Purnama.

(H WAWAN JR)

Tim EPPD Kunjungan Kerja Pemda Kab Kuningan


Loading...