Kemenag Akan Menggelar Sidang Isbat Penetapan Awal Zulhijah 1441 H Selasa 21 Juli 2020

Kemenag Akan Menggelar Sidang Isbat Penetapan Awal Zulhijah 1441 H Selasa 21 Juli 2020
Ilustrasi (Lampost.co : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 21 Juli 2020 08:33 WIB

Terasjabar.id - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat (penetapan) awal Zulhijah 1441 Hijriah Selasa (21/7/2020). Sidang akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi.

Sidang Isbat akan digelar sesuai protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) dengan membatasi jumlah perwakilan yang hadir di Kemenag. Sejumlah ormas Islam yang diundang bisa mengikuti melalui secara daring.

"Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta Komisi VIII DPR," ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam Kemenag, Agus Salim, di Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Selain itu, peliputan juga akan dibatasi. "Kami juga memanfaatkan medsos Kemenag untuk live streaming," ucapnya.

Dia menyampaikan, sidang isbat terbagi dalam 3 sesi. Sesi pertama, dimulai pukul 17.00 WIB dengan pemaparan posisi hilal Awal Zulhijjah 1441 Hijriah oleh anggota Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Sesi kedua, kata dia sidang Isbat dimulai setelah Magrib dan dipimpin oleh Menag. Sidang diawali dengan penyampaian laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 84 titik di seluruh Indonesia.

"Sesi ketiga, Menag mengumumkan hasil sidang isbat secara telekonferensi," katanya.

Disadur dari iNews.id

Kemenag Sidang Isbat Awal Zulhijah 1441 H


Loading...